Opinion

Kolaborasi Atau Mati

Henry Ford pernah bilang, “If everyone is moving forward together, then success takes care of itself”.

Dunia kerja memang luas. Saingan ada dimana-mana, harus jeli mana yang kawan mana yang lawan. Kalo nggak mau “lapak” dicaplok sama saingan ya harus kerja ekstra. Semuanya bersaing, tapi kadang nggak melihat kemampuan diri sendiri fokusnya kemana. Apa-apa dikerjain sendiri, menganggap hasil kerja diri sendiri itu paling bagus. Nggak percaya sama orang lain, malah takut kalau ngajakin orang lain buat jadi partner nanti ditusuk dari belakang.

Sebenernya itu persepsi yang salah, banget. Kenapa?

Baca juga: Cari Partner dengan Skill Berbeda, Tapi Punya Visi yang Sama

Berbagai macam profesi bisa ditekuni sama setiap orang. Di dunia development aplikasi saja misalnya. Seorang programmer nggak bisa kerja sendiri untuk menyelesaikan sebuah aplikasi dengan sempurna. Mereka akan membutuhkan designer yang akan bantu bikin design aplikasinya, gimana tampilan user interface biar orang yang pake nggak kesusahan, atau bikin aplikasi jadi lebih menarik. Mereka juga butuh seseorang yang dirasa pintar dalam “menjual” aplikasi tersebut, orang yang jago ngomong tapi nggak harus bisa coding atau desain juga.

Kolaborasi kuncinya. Kalo nggak mampu bayar orang buat diajak kerja bareng, coba ajak kolaborasi. Siapa tau dari obrolan yang nggak jelas, bisa berujung bikin satu project barengan. Project yang asal ngasal ya, jelas punya goal yang harus dicapai tentunya.

Baca juga: Modal Bikin Startup: Cari Co-Founder yang Tepat

Henry Ford pernah bilang, “If everyone is moving forward together, then success takes care of itself”. Sebenernya banyak banget keuntungan dari sebuah kolaborasi. Nggak cuman karena project-project bakal ada yang ngebantu dibidangnya masing-masing, tapi juga juga karena setiap kolaborasi yang muncul bakal bikin banyak perubahan positif buat yang ngejalaninnya.

image: alexjeffery.me

Makin banyak ide muncul, banyak solusi datang

  1. Siapa yang menyangkal kalo makin banyak orang makin banyak ide yang bakal keluar? Dari obrolan-obrolan nggak jelas ngalor ngidul terkadang ide-ide menarik yang jadi cikal bakal sebuah project besar muncul gitu aja. Masing-masing orang bisa ngutarain pendapatnya, ngasih masukan ini itu buat memperbaiki hal-hal yang ‘bolong’ dan menyempurnakan plan yang bakal jalan. Coba kalo sendirian, bisa puter berhari-hari mikir ide sama solusi sendirian deh.

  2. Emotional support
    Ya enggak menampik kalo temen kolaborasi pasti bakal jadi temen curhat. Apalagi soal project kolaborasi yang lagi jalan. Secara nggak langsung bakal kecipta chemistry bakal terbentuk. Endingnya nggak hanya saling support soal kerjaan aja, tapi juga kadang malah bakal jadi kayak keluarga gitu. Kalo yang satu lagi down, yang lainnya nyemangatin. Seenggaknya ya nggak bakal sendiri lah kita.

Baca juga: Sharing Economy: Ngirit Plus Hemat Pake Airbnb dan Uber

  1. More skills
    Kita nggak mungkin punya semua skill dan jadi master di berbagai bidang. Makanya, kita butuh skill orang. Dengan berkolaborasi dengan partner yang beda skill, namanya saling melengkapi. Punya tim yang masing-maisngnya punya skill beda, bukannya itu super ideal ya?

  2. Productivity efficiency
    Efektivitas produktivitas bakal lebih terkontrol. Kenapa? Soalnya kerjanya bareng-bareng, yang satu kelar bikin A, yang satunya harus kelar bikin B. Biar sejalan dan kerjaan nggak meleset dari timeline. Ini juga mau nggak mau dipaksa buat taat sama timeline yang udah dibuat, belajar disiplin. Kalo pun ada yang ngaret, harusnya bisa saling ngingetin satu sama lain dong ya.

Kolaborasi itu menuntut kita buat saling berbagi ilmu. Jangan pernah ngerasa jadi yang paling oke, karena di atas langit masih ada langit. Kalo memang kamu bisa kolaborasi buat “naik kelas”, kenapa harus sok individualis? Toh, manusia itu sebenernya makluk sosial yang nggak buat hidup sendirian kok ya. Coba pikir deh, ngapain milih repot dan pusing sendirian sebenernya ada jalan keluar yang lebih gampang?

Baca juga: 5 Hal Penting yang Harus Dikuasai UX Designer

Collaboration is important not just because it’s a better way to learn. The spirit of collaboration is penetrating every institution and all of our lives. So learning to collaborate is part of equipping yourself for effectiveness, problem solving, innovation and life-long learning in an ever-changing networked economy. —Don Tapscott

image header: jmw.com