Featured

Kerja Sambil Berlibur, Bukan Masalah Lagi!

Sudah berencana untuk liburan dari jauh-jauh hari namun mendadak ada deadline tambahan? Bukan masalah lagi! Dengan berkembangnya coworking space di berbagai kota di dunia, kini kamu bisa bekerja untuk memenuhi deadline sambil liburan. Tak hanya itu, dengan culture coworking space, kamu juga bisa berkenalan dengan komunitas coworking space di tempat yang kamu kunjungi. Seperti apa sih coworking space di negara lain dan apa saja yang mereka tawarkan?  Yuk, intip beberapa coworking space berikut ini!

Schraubenfabrik (Vienna, Austria)

Pemandangan Teras di Schraubenfabrik | Foto: http://www.schraubenfabrik.at

Belum sah ngomongin coworking space kalau kamu belum tahu tentang ‘Mother of Coworking Space’ yang merupakan coworking space pertama di dunia ini. Coworking space yang bergaya open-factory ini terlihat begitu luas dan dinamis. Banyak individu dari berbagai profesi yang bekerja di tempat ini, baik itu arsitek, konsultan PR, para freelancer, dan lainnya saling membangun koneksi dan bekerja bersama. Selain tempat kerja terbuka, Schraubenfabrik juga menawarkan fasilitas ruang rapat, lounge, food cooperative dengan petani lokal, dan juga exhibition space. Bagi kamu yang suka dengan bekerja di luar ruangan sambil menghirup udara segar, tempat ini juga sangat cocok buatmu karena memiliki banyak teras yang bisa dipakai untuk tempat kerja. Coworking space ini tidak hanya menawarkan tempat kerja. Kamu juga bisa mengikuti berbagai workshop kerajinan tangan yang ditawarkan oleh Schraubenfabrik, lho!

Agora Collective (Berlin , Jerman)

Agora Collective | Foto: www.deskbookers.com

Berlin memang sering dijuluki Silicon Valley-nya Eropa. Selain karena memiliki perkembangan ekosistem startup terbesar di dunia, kota ini pun menjadi tech hub teratas di Eropa. Hal ini membuat Berlin memiliki banyak coworking space yang menarik. Salah satu coworking space yang menonjol di Berlin adalah Agora Collective yang berada di kawasan Neukölln, Ibukota Negara Jerman. Dengan komunitas yang dimiliki oleh coworking space ini, kamu bisa dengan mudah berkolaborasi dan mendapatkan bantuan dari anggota komunitas yang memiliki berbagai skill yang kamu perlukan.

Selain menawarkan berbagai kegiatan bagi komunitasnya seperti workshop, seminar, gathering, dan konser, Agora Collective juga menawarkan makanan terlezat di kafe yang mereka miliki. Bagi mereka, makanan merupakan sesuatu yang dapat melawan berbagai perbedaan yang dimiliki setiap individu. Hmm, benar juga sih ide ini. Kamu bisa menggunakan fasilitas yang ditawarkan Agora Collective mulai dari €16 atau sekitar US$20 per harinya.

Ministry of New (Bombay, India)

Salah satu sudut kantor dari Ministry of New di India | Foto: www.ministryofnew.in

Coworking space yang berlokasi di Bombay, India, ini merupakan perpaduan antara kerja, networking atau sosialisasi, dan juga relaxing. Didukung dengan jendela-jendela yang besar, membuat tempat ini mendapatkan cahaya alami dari sinar matahari, sangat tepat bagi kamu yang suka menikmati sinar matahari. Dengan membayar sekitar US$ 168, kamu bisa bekerja dan bertemu dengan berbagai komunitas di tempat ini sekaligus menikmati pemandangan kota Bombay yang luar biasa. Tempat ini juga memiliki kafe, ruang rapat, serta koridor, baik indoor maupun outdoor.

Punspace (Chiang Mai, Thailand)

15965993_1421401867910375_5782032181636861416_n.jpg
Area terbuka di Punspace | Foto: www.punspace.com

“Kalau bisa bekerja dengan entrepreneur lainnya di Thailand, buat apa bekerja di sebuah kubikel”. Kira-kira seperti itulah daya tarik yang ditawarkan oleh Punspace, sebuah coworking space yang berlokasi di Chiang Mai, Thailand. Di Chiang Mai sendiri, Punspace memiliki dua tempat.  Kamu bisa menikmati udara segar dan juga sinar matahari sambil menyelesaikan pekerjaanmu. Bagi yang tinggal di negara dengan empat musim, tentunya bekerja di sini menjadi kemewahan tersendiri. Selain kesempatan bertemu para entrepreneur lainnya, Punspace juga menawarkan Ruang Skype, Ruang Kantor Pribadi dan loker untuk menyimpan barang-barangmu.

B. Amsterdam (Amsterdam, Belanda)

coworking fulltime desk B. amsterdam
Suasana kerja di B. Amsterdam | Foto: http://b-buildingbusiness.com

Salah satu yang membuat coworking space yang terletak di kota Amsterdam ini menarik adalah karena dulunya tempat ini merupakan markas dari IBM. Nah, tempat ini sekarang telah dirombak menjadi sebuah coworking space bagi para entrepreneur. Kamu dapat memilih apakah kamu ingin bekerja di tempat yang sama setiap harinya di B. Amsterdam atau kamu ingin bekerja di berbagai sudut ruangan yang berbeda. B. Amsterdam menawarkan fasilitasnya mulai dari €75 untuk 5 hari. Selain dapat bertemu dengan berbagai komunitas B. Amsterdam, kamu juga dapat menikmati fasilitas-fasilitas lainnya seperti gym, mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan, menggunakan studio foto, dan juga rooftop garden.

Penasaran untuk mencoba berbagai coworking space di atas? Tak ada salahnya saat liburan mendatang kamu juga menyisihkan waktu untuk mengunjungi coworking space yang ada dan berkenalan dengan komunitas di sana. Siapa tahu, ada kesempatan menarik yang dapat kamu temukan dan membuat bisnismu “go international”.