Story

Kerja di Bidang Keuangan, Bikin Startup di Akhir Pekan (2)

Sebelumnya Ziliun menulis tentang Kerja di Bidang Keuangan, Bikin Startup di Akhir Pekan (1). Cerita di artikel itu belum kelar lho. Karena selain Miftah ada lagi nih Wisnu Yogaswara yang juga berlatar belakang keuangan ikutan acara Startup Weekend Jakarta.

Startup Weekend Jakarta lalu menjadi pengalaman pertama Wisnu membuat startup.Walau bekerja di bidang keuangan, Wisnu juga memiliki ketertarikan di dunia teknologi dan berniat membuat sebuah aplikasi tentang keuangan.

Sebelumnya Wisnu kepikiran buat bikin Hackounting, aplikasi personal finance / accounting. Bahkan ia sempat mengutarakan ide ini kepada atasan dan teman-teman kantornya. Sayang sih, respon yang didapat hanya sekadar pujian dan nggak ada tindak lanjut. Bahkan untuk mencari teman yang tertarik dan satu visi dengannya itu susah banget.

Bukan nggak ada rotan akar pun jadi, lakuin aja dulu deh. Wisnu akhirnya berinisiatif untuk mendirikan Hackounting sendirian. Nggak tanggung-tanggung nih, Wisnu bahkan sampe bikin kartu nama Hackounting lho. Ya, tentunya baru dia, satu-satunya nama yang memiliki kartu nama Hackounting ini. Siapa lagi coba? :p

Baca juga: Kerja di Bidang Keuangan, Bikin Startup di Akhir Pekan (1)

_MG_0978

Seperti yang tadi dibilang, Hackounting ini sudah lumayan lama dikerjakan oleh Wisnu, tapi sayangnya Wisnu sendiri nggak tau apakah Hackounting bisa benar-benar launching atau enggak. Akhir pekan lalu, saat Wisnu ikut dalam acara Startup Weekend Jakarta, ia mendapat banyak sekali insight bagaimana membangun sebuah startup. Banyak hal yang sebelumnya nggak terpikirkan tiba-tiba muncul, hal-hal yang missed dari perhitungannya jadi kelihatan jelas untuk dimasukkan ke dalam checklist, seperti masalah desain, layout, pematangan ide, penggunaan sosmed, dan lain-lain.

Nggak hanya itu, Wisnu bilang dengan ikutan Startup Weekend Jakarta ia memperluas networking dan channel-channel ke orang hebat di dunia startup. Tentunya dia juga mendapatkan tim dan mentoring yang sangat membantu dalam mengembangkan Hackounting ke depannya. Ya gimana kalau nggak nyari tim dari luar kantornya, temen-temennya di kantor yang bilang pada tertarik untuk bantu membangun Hackounting aja malah sibuk sendiri-sendiri. Alhasil nggak ada progress. Nyatanya, di sini Wisnu malah ketemu dengan tim yang juga sama-sama punya background di bidang keuangan. Makin cocok deh buat sharing ide dan teman diskusi.

Kesimpulannya, kalau punya ide, jangan didiemin aja di dalem circle sendiri. Coba share ide itu ke sebanyak-banyaknya orang dari berbagai latar belakang. Pasti jadi lebih mateng!

Baca juga: Formula Dasar Startup: Hacker, Hipster, dan Hustler