Insight

Kalau Gak Punya Kekuatan Super, Bisa Ngapain?

Superhero yang sering kita lihat di film dan komik rata-rata punya kekuatan super, dari mulai bisa terbang, bisa menghilang, bisa elastis, bisa lari cepet, bisa keluarin cakar besi dari tangan, bisa memancarkan laser dari mata, bisa menahan lajunya bis sekolah yang gak bisa ngerem, banyak deh *capek sebutin satu-satu*. Ada juga yang gak punya kekuatan super tapi punya duit dan kecerdasan untuk bikin teknologi canggih (seperti Batman dan Iron Man).

Tapi, manusia biasa kayak kita gimana bisa jadi pahlawan? Eng ing eng.

Jawabannya diberikan oleh Alex Sheen, founder dari sebuah organisasi non-profit bernama becauseisaidiwould.com. Menurut Alex, walaupun kekuatan tiap superhero beda-beda, dan motivasi mereka jadi superhero beda-beda (misalnya, Batman trauma karena orangtuanya meninggal, Spiderman kebetulan digigit laba-laba, dan Harry Potter simply karena takdir aja), mereka semua punya satu persamaan.

Apa itu?

The ability to make and keep a promise.

Ya mau punya kekuatan segede apa, kalau gak bisa bikin janji atau komitmen untuk kebaikan, atau udah bikin tapi kemudian gak ditepati, Batman, Spiderman, dan Harry Potter gak akan bisa disebut superhero.

Makanya, sebenarnya kita semua bisa jadi pahlawan bagi orang-orang tertentu kalau kita berani berjanji kepada diri sendiri dan orang lain untuk berbuat kebaikan.

Sekarang pertanyaannya, berani gak?

Header image credit: shemazing.net