Insight

Seberapa Penting Sih Jurusan Kuliah Dipertimbangkan dalam Rekrutmen?

Lowongan pekerjaan itu beragam jenisnya, tapi kalo diliat sekilas sih, yang bisa masuk cumajurusan tertentu.Terus terus, ada lagi tuh lowongan yang nyantumin “terbuka untuk semua jurusan” kita pun jadi khawatir, apa jurusan kita nyambung sama pekerjaan itu gak ya?!

Jurusan itu penting, kalau…

Ada beberapa deskripsi pekerjaan yang memang membutuhkan kemampuan dan keterampilan khusus. Misalkan ada yang buka lowongan untuk jadi tim rekrutmen, wajar banget kalo perusahaan tersebut cari orang yang jurusannya dari Psikologi, karena kemampuan untuk menganalisis kepribadian dengan dasar ilmu itu gak semua orang bisa.

Kenapa harus jurusan tertentu?

Perusahaan itu gak butuh waktu lama untuk ngasih pelatihan atau ilmu dasar ke karyawan baru tersebut.Apalagi kalo perusahaannya emang butuh progressnya cepet.Ekspetasinya tuh ada yang masuk, langsung bisa, minimal yang dasarnya.

Jurusan jadi gak diliat, kalau…

Ada lowongan pekerjaan yang butuhnya portofolio, jadi mau apapun jurusannya, tapi kalo kamu pernah ada pengalaman dan karya sebelumnya di bidang yang dilamar, silakan aja daftar.

Baca juga: Salah Jurusan, Salah Siapa?

Maksudnya?

Ilmu gak sebatas gelar saja. Maksudnya, kalo kamu bukan lulus dari jurusan desain misalkan, tapi kamu pernah ikut pelatihan dan course, trus ada sertifikatnya, ditambah portofolio yang ciamik. Bisa banget itu yang kamu pake buat lamar sebagai graphic designer.

Jadi, selalu perhatiin dengan detail apa informasi yang dicantumkan sama perusahaan ya, biar kamu bisa nentuin ini tuh sesuai gak dengan jurusan atau pengalaman kamu. Kira-kira, yang baca ini ada gak yang skill-nya gak sesuai jurusannya??


Ditulis oleh: Ade Irma Sakina

Disunting oleh: Azwar Azhar