Featured

Ini Alasannya Kenapa Animasi adalah Jurusan Populer dengan Masa Depan Cerah!

Perhatiin nggak, selain di film-film, penggunaan animasi saat ini sudah merambah ke berbagai bidang dalam kehidupan kita, lho! Mulai dari berbagai bidang profesional hingga dunia pendidikan. Perkembangan ini telah menjadikan animasi sebagai alat untuk mengajar dan belajar. Nggak heran sih, soalnya animasi menawarkan proses belajar dan mengajar dengan cara yang lebih fun dan menarik yang dapat diikuti oleh siswa atau profesional dari segala usia.

Penelitian menyebutkan, anak-anak atau orang dewasa cenderung lebih dapat belajar dengan alat-alat yang menarik atau interaktif. Nah, animasi punya kualitas ajaib yang dapat meningkatkan kemampuan belajar secara signifikan!

Jadi kamu yang bercita-cita mengambil jurusan animasi, sedang menimba ilmu tersebut, atau sudah mendalami ilmu animasi, siap-siap menemukan peluang baru yang menjanjikan dari sini… Yap, kamu nggak salah ambil jurusan! Ini beberapa alasan kenapa animasi adalah jurusan populer  di era ini yang bisa kamu baca berikut ini.

 

Animasi membantu mengeksplorasi dan mengembangkan ide untuk mewujudkannya ke dalam bentuk nyata.

 

Proses pembuatan animasi ini bakal meningkatkan kreativitas siswa di dalam kelas. Hal ini dikarenakan, saat membuat animasi mereka harus mendesain apa yang akan mereka lakukan dan banyak hal-hal detail yang harus dipikirkan dalam rancangan tersebut. Proses pembelajaran ini juga memungkinkan mereka untuk melakukan pilihan sehingga nantinya bisa dengan kritis menilai karya mereka sendiri.

Animasi memainkan peranan besar dalam penyampaian informasi dan membuat interface lebih mudah dipahami.

Nah, kalau yang ini menurut pendapatnya seorang desainer interaktif Chris Gannon. Katanya, “Di dunia di mana setiap orang terburu-buru dan waktu sangat singkat, animasi dapat menyampaikan ide-ide kompleks dalam waktu singkat dan pada saat yang sama menarik sekaligus memberi informasi.”

Animasi membantu proses storytelling dalam membangun persona brand untuk menarik perhatian konsumen.

Bruno La Versa, Senior Digital Designer di Lightful setuju banget sama pernyataan manfaat animasi yang satu ini. Menurutnya, “Animasi telah dan akan terus menunjukkan kekuatan brand di dunia digital, memberikan kepribadian yang kuat pada brand, membuatnya lebih dinamis.”

Jadi tren animasi apa saja yang akan kita lihat lebih lanjut di 2018? Menurut Creative Bloq, animasi yang bisa memberi perusahaan peluang besar untuk meningkatkan brand mereka lebih jauh yaitu logo animasi. Selain itu, kejayaan animasi GIF pun kembali, karena tak hanya fun, GIF juga bisa dipakai untuk berkomunikasi di hampir semua platform yang ada.

Dengan semakin berkembangnya tren dan kebutuhan animasi, KRATOON Channel hadir. Nggak hanya untuk menghibur dengan tontonan yang mendidik dan menampilkan berbagai animasi karya animator Indonesia, melainkan juga mengasah kreativitas masyarakat Indonesia dengan program KRATOON Academia. KRATOON Academia merupakan kelas pelatihan yang diadakan KRATOON Channel selama tiga bulan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan anak Indonesia mengenai dunia animasi di Indonesia. Tertarik gabung? Ikuti terus infonya di @kratoonchannel ya!