Opinion

Jatuh Cinta Sama Teman Kerja, Terus Gimana?

Meski banyak peraturan perusahaan untuk tidak berpacaran dengan rekan kerja, kita sering banget dengar cerita orang-orang yang menemukan jodoh di kantor. Pada kenyataannya, peraturan ini sering ada, tetapi lebih sering lagi tidak efektif. Siapa sih yang bisa mengatur gerak hati manusia? Bahkan, yang bikin peraturannya pun tidak mampu melakukannya. Namun, sebelum kita lanjut ke bagaimana caranya melanjutkan jatuh cinta dengan kerja kita harus paham dulu alasan ini bisa terjadi.

Jadi, kenapa sih kita memiliki peluang yang besar untuk jatuh cinta sama rekan kerja sendiri?

Menurut Art Markman, dosen psikologi dan pemasaran di University of Texas, ini terjadi karena banyaknya waktu yang kita habiskan bersama teman kerja memaksa kita untuk menghabiskan waktu bersama, dan jika kita sering berada dekat dengan orang lain dan bisa berkomunikasi secara terbuka, bekerja sama, dan saling curhat, kemungkinan untuk jatuh cinta akan lebih besar. Apalagi psikologi mengatakan kita lebih mudah tertarik dengan orang-orang yang mirip dengan kita.

Untuk melanjutkan hubungan ini dengan aman, pertimbangkan hal-hal berikut ini.

Tahu Konsekuensi

Hal yang bijaksana sebelum memutuskan untuk lanjut adalah tahu konsekuensinya. Pertama, selalu ada kemungkinan untuk putus yang mengakibatkan satu atau kedua belah pihak tersakiti. Kedua, selalu ada potensi konflik. Konflik itulah yang akan jadi sumber masalah terbesar. Problem di peran satu bisa merembet ke peran lainnya, personal ke profesional dan sebaliknya. Yang mana yang akan lebih kamu dahulukan, kepentingan pekerjaan atau pasanganmu? Reputasimu juga dipertaruhkan, apalagi kalau orang-orang berpandangan ada udang di balik batu dengan memiliki pasangan di tempat kerja, misalnya keuntungan profesional yang akan kamu dapatkan.

Luruskan Niat

Niatmu berpacaran dengan teman kerja biasanya bisa tercermin dari reaksi mereka ketika mengetahui kabar tersebut. Kalau niatmu ternyata untuk keuntungan personal, atau “motif pribadi”, biasanya teman-teman kerjamu akan mempersepsikanmu secara buruk, bahkan jika kamu ngga dengan terbuka mengakui itu. Di sisi lain, teman-teman kerjamu biasanya akan ikut senang dan bahagia kalau mereka bisa melihat ketulusan dan kasih sayangmu terhadap pasangan. Jadi, sebelum kamu melanjutkan hubungan, cek lagi, apakah niatmu lurus? Niat yang positif akan membantumu tetap positif juga saat hubungan tersebut harus berakhir baik-baik.

Ketahui Kebijakan Perusahaan

Bolehkah berhubungan romantis dengan rekan, klien, partner perusahaan, pelanggan atau pemasok? Adakah ketentuan-ketentuan spesifik? Investigasi dulu lebih jauh sebelum melanjutkan hubungan. Patuhi peraturannya dan ketahui alasannya. Jika kamu keukeuh, kariermu bisa hancur. Namun, kalau kamu memutuskan untuk melanjutkan, sebaiknya come clean secepatnya, akui kepada atasan. Semakin lama menunda, konsekuensinya akan semakin buruk. Namun, sebenarnya makin ke sini makin banyak kok perusahaan menghapuskan peraturan yang tidak mengizinkan hubungan pacaran di kantor.

Soalnya, kondisi di dunia tidak pernah berubah dari dulu: banyak sekali orang yang menemukan jodohnya di tempat kerja. Jadi, buat apa dihalang-halangi kalau memang tidak bisa diubah, kata Amy Nicole Baker seorang dosen psikologi rekanan di University of New Haven.

Hindari Berpacaran dengan Atasan dan Rekan Tim

Namun, kamu tidak disarankan untuk berhubungan dengan atas atau bawahan yang berada langsung dalam chain of command pekerjaanmu, karena persepsinya jauh lebih negatif dibanding berpacaran dengan rekan kerja di divisi lain. Alasan utamanya adalah potensi konflik terbesar ada di sini, dan sulit sekali untuk objektif dalam hubungan seperti ini, secara profesional maupun personal.

Namun, kalau memang sudah jodoh, mungkin sebaiknya kamu segera mengambil tindakan. Mintalah untuk segera berpindah chain of command, entah dengan berpindah cabang, berpindah divisi, atau mungkin kalau memang terpaksa banget, pindah tempat kerja.

Ini semua adalah dasar-dasar cara menjalin hubungan romantis di tempat kerja. Jika memang semesta menginginkan kalian bersama dan tetap stay di tempat kerja, hal yang penting untuk dilakukan adalah dengan tidak menyembunyikan hubungan tersebut. Semakin kalian terbuka, semakin baik persepsi rekan-rekan lain terhadap integritas kalian berdua. Selain itu, pacaran backstreet membuat hubungan kalian berdua lebih rapuh karena ada faktor kepercayaan yang telah dipermainkan dari awal. Jadi, bertindaklah bijaksana.

Untuk tahu lebih lanjut jurus-jurus aman melanjutkan hubungan dengan teman kerja, kamu bisa baca lebih lanjut di sini. Tenang, ada banyak jalan menuju Roma.