Story

Institut Musik Jalanan Akan Rilis E-commerce bagi Karya Musisi Jalanan

Kolaborasi developer dan social movement dalam Project Katalis sudah membuahkan hasil! Setelah bertemu di Networking Day Project Katalis, mereka bekerjasama membangun website/aplikasi sampai jadi. Ini kisah mereka, dan hasilnya!

Institut Musik Jalanan (IMJ), social movement yang digadang oleh Andi Malewa di Depok ini adalah ruang karya dan ekspresi musisi jalanan. IMJ membina mereka untuk menghasilkan karya musik yang tak kalah kualitasnya dengan industri musik modern.

Pada Project Katalis, Institut Musik Jalanan dipertemukan dengan Rudy Ondolan, Himawan, dan Rofiuddin, developer dari Webiumlabs, startup di bidang pengembangan website. Ketiganya membantu IMJ dalam pembuatan e-commerce khusus karya para musisi jalanan, seperti apa yang IMJ impikan. Website e-commerce dari IMJ yang dinamai Stimulan Musik ini nantinya akan menjadi wadah penjualan karya album dari kawan-kawan musisi indie dan musisi jalanan, secara online dan profesional.

Halaman depan versi beta Stimulan

Baca juga: Musisi Jalanan Kualitas Papan Atas, Berkat Institut Musik Jalanan

Semulanya, sistem penjualan karya dari kawan-kawan Insitut Musik Jalanan hanya mengandalkan social media yaitu YouTube, Soundcloud, Twitter, Path, dan Facebook. Pastinya, tidak selamanya social media dapat diandalkan dan berdampak besar. IMJ butuh website e-commerce untuk merangkum karya terbaik musisi jalanan mereka, dan memasarkannya secara online di sana. Yang namanya kemudahan teknologi pasti akan memudahkan publik, bukan?

Hasil kolaborasi IMJ dan developer memang saat ini belum terlihat 100 persen hasilnya. Tim developer masih mematangkan versi beta Stimulan sebelum diluncurkan. IMJ memutuskan memperpanjang proses pengerjaan website Stimulan untuk mematangkannya dari segi keamanan. “Banyak hal yang menuntut ketelitian lebih tinggi sampai website Stimulan siap dirilis ke publik nanti,” tegas Andi Malewa.

Halaman Karya di website Stimulan

Baca juga: Bahkan Penggiat Gerakan Sosial Juga Butuh Uluran Tangan

Sebagai developer, Rudy Ondolan juga meyakini kebutuhan peningkatan keamanan website e-commerce, agar tidak diretas keamanannya. IMJ juga perlu mempelajari mengenai aturan hukum jual beli lagu online, dan menyiapkan sistem solusi yang menghindarkan potensi kecurangan dari pihak luar.

Dengan tantangan dan tujuan bersama itulah, terbina hubungan dan kolaborasi yang baik antara IMJ dan tim developer. “Proses kolaborasi berjalan seperti yang kami rencanakan. Mulai dari pembahasan sampai pematangan konsep, eksekusi, sampai analisis bisnisnya. Banyak sekali pertemuan yang kami lakukan untuk mendiskusikan fungsi website ini,” ungkap Andi.

“Website Stimulan akan kami rilis secara besar-besaran, kemungkinan mengundang media juga. Karena mengarahke bisnis, promosi Stimulan harus lebih gencar lagi dan diketahui oleh publik secara luas,” ujar Andi Mawela.

Baca juga: Cuma Sekolah Aja Nggak Jamin Masa Depan

Diskusi pertama IMJ dengan developer Webiumlabs di Networking Day Project Katalis

“IMJ harus terus menghasilkan karya-karya yang berkualitas. Dan lewat website baru Stimulan nanti, karya-karya terbaik ini akan diunduh, didengar, dan diakui oleh lebih banyak orang,” kata Rudy, mewakili harapan dua kawannya di Webiumlabs.

Kalian penggemar musik indie dan karya lokal Indonesia? Kita tunggu sama-sama kehadiran website Stimulan sebagai sebuah pasar baru lagu anak negeri. Dengan ini, nggak cuma nikmatin karya, kita juga secara otomatis membantu para musisi jalanan untuk hidup dan berkarya dengan lebih mandiri dan sejahtera.

Baca juga: Pintu Kemana Saja Bukan Cuma Punya Doraemon

Header image credit: funeralone.com