Story

Inspiration from The Valley: Amanda Surya

Perempuan; punya potensi gede, tapi  banyak yang nggak pede

Sebelum di Google, Amanda sudah punya pengalaman di beberapa perusahaan teknologi lain di Silicon Valley. Amanda percaya kalau: gender doesn’t matter. Menurutnya, beda cowok dan cewek cuma di rasa percaya diri.

“Beda antara cowok dan cewek itu di confidence, di mana cewek cenderung lebih nggak pede, jadi harus lebih banyak didorong untuk melakukan sesuatu. Kalo cowok biasanya jauh lebih pede, biarpun ngga bisa tapi dia selalu ngerasa bisa. Kalau soal technical skill sih nggak cewek nggak cowok, kalo jago ya jago aja,” kata Amanda.

Ini dia poin utamanya, cewek punya potensi gede tapi kurang pede! Untuk mengatrol kepercayaan diri, Amanda bilang kalo sekarang udah banyak muncul sosok pemimpin wanita di berbagai perusahaan teknologi dunia. Sheryl Sandberg, COO Facebook, bahkan secara khusus menjabarkan wanita dan manajemen multi peranannya di industri, dalam bukunya, ‘Lean In’.

Role model semacam Sandberg ini yang menjadi salah satu motivasi Amanda untuk lebih ngembangin diri lagi ke depannya. Misalnya dengan membangun project Women Techmaker bersama kolega wanitanya di Google. Project yang mendorong lebih banyak perempuan berkecimpung di industri teknologi ini juga didukung oleh jajaran eksekutif di Google, karena sejalan dengan visi Google yang menghargai keragaman.

“Being developer or engineer, is not for everybody. I’m not saying all women have to be engineer. But if you never try, go on and try it! You might actually like it, or make a good career out of it.”

Amanda Surya berbicara di FemaleDev National Summit

“Love what you do, but also work for a big purpose!”

Itu juga yang banyak ditekankan sama Amanda Surya. Kerjakan hal yang lo suka, tapi yang lebih penting, bekerjalah untuk tujuan yang besar! Namanya juga hidup cuma satu kali, rugi kalau ngerjain sesuatu yang nggak punya dampak apa-apa.

“Kamu bakal ngabisin banyak waktu untuk kerjaan, so you’d better like it. If you do something that you love, then it’s not work. It’s life,” katanya.

The sky is the limit.

(Amanda Surya)

Amanda Surya memang beruntung menjalani bidang yang ia cintai, sekaligus terlibat dalam banyak project yang bikin ia selalu tertantang untuk membawa manfaat yang besar. Gimana enggak, di Google, ia mengerjakan banyak hal yang bisa membawa perubahan buat begitu banyak orang. Misalnya saat ini, ia terlibat dalam proyek Google Wallet. Amanda tengah mengembangkan bagaimana nantinya produk ini bisa mempermudah dan mengubah cara orang dalam melakukan pembayaran. Bukan cuma di US, tapi juga di seluruh dunia.

Imagine what you do can solve everyone’s problem. Ain’t it cool or what?

Intinya, apapun yang kita lakukan, selalu lakukan dengan total, dan selalu ingat untuk melakukan hal yang berguna buat orang lain.