Featured

Inovasi di Tengah Perbedaan

Sering kali kita sadari bahwa sebagai manusia, banyak perbedaan yang akan terus kita hadapi dan bahkan sudah menjadi makanan sehari-hari. Tapi, tahukah kamu bahwa sejatinya dengan berbagai perbedaan tersebut kita dapat berjalan berdampingan dan menciptakan banyak perubahan yang berdampak baik untuk aku, kamu, kita, mereka, dan semesta.

Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa mengetahui bahwa perbedaan itu memang benar adanya?

Pertama, ketahuilah bahwa manusia merupakan hasil bentukan dari berbagai unsur yang sebenarnya telah menjadikan diri kita adalah jati diri kita sendiri hingga sekarang dan akan terus terbentuk hari demi hari.

Mari kita kilas balik sejenak untuk melihat unsur apa saja yang sudah kita jumpai di sepanjang waktu hingga hari ini. Dimulai dari unsur latar belakang seperti suku, ras, budaya, adat istiadat hingga pekerjaan, unsur pendidikan kita, bahkan unsur jalan hidup kita yang tentu terkadang tidak sesuai rencana tapi mau tidak mau harus kita jalani.

Dan jika kita kilas balik dengan apa yang ada dihadapan kita sekarang, di luar sana ada banyak orang-orang dengan berbagai macam keahlian dan kemampuan. Sedikit intermezzo, bagi kamu yang mungkin menonton film Bohemian Rhapsody yang masih hangat-hangatnya, tapi mari kita bahas sosok Brian May, seorang gitaris dari Band Queen. Brian May ternyata tidak hanya mahir bermain gitar, namun ia juga seorang PhD di bidang Astrophysics dan Brian May merupakan satu dari sekian banyak orang yang memiliki hal serupa di bidang yang berbeda-beda.

Seperti artikel ziliun sebelumnya https://www.ziliun.com/susah-fokus, ada banyak keahlian yang sangat dibutuhkan sekarang dan di masa depan nanti.

Tapi poin besarnya tidak hanya berhenti di situ, punya banyak keahlian harus ditambah dengan hal lain, apakah itu?

Berjejaringlah!

Jawabannya adalah dengan berjejaring. Ya, pergi dan bertemu lah dengan orang-orang yang memiliki minat serupa denganmu di luar sana. Percayalah dari hasil pertemuan itu, ujung-ujungnya malah akan menambah pengetahuan dan kemampuanmu. 

Selain bertemu dengan orang yang mempunyai minat denganmu, kamu harus mencoba bertemu dengan orang yang berbeda dengan latar belakangmu selama ini. Karena peluang untuk kolaborasi  menciptakan invoasi dengan orang yang memiliki latar berbeda akan semakin terbuka peluangnya. Di samping itu kamu akan mendapatkan banyak insight baru serta hal-hal signifikan di mana yang tadinya kamu hanya membuat sebuah karya, malah beralih membuat kolaborasi bersama orang-orang untuk menciptakan sebuah inovasi atau terobosan yang sebelumnya belum terpikirkan oleh orang lain.

Untuk kamu yang ingin menambah pengetahuan dan menambah jejaring mu, ziliun punya rekomendasi acara yg tepat untuk mu.

SENYAWA+  siap mengajak kamu bertemu dengan para pemangku kepentingan dari berbagai industri dan membantumu menyamakan persepsi melalui sesi diskusi panel dan kelas kecil. Manfaatkan kesempatan dalam acara ini pada Sabtu, 1 Desember 2018 di Hotel Monopoli, Jalan Taman Kemang No.12, Jakarta Selatan dan bersiaplah menciptakan lebih banyak lagi inovasi untuk semesta bersama orang-orang dengan minat yang berbeda denganmu nanti.

Yuk membaur menjadi senyawa dengan  registrasi di link ini: linktr.ee/senyawa.plus