Featured

Inovasi Baru untuk Lawan Pandemi COVID-19 Muncul di Startup Weekend Indonesia

Di tengah pandemi ini banyak cara yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak terkecuali buat orang-orang yang punya ide dan siap wujudkan idenya dalam bentuk startup. Hal ini dibuktiin langsung dari helatan Startup Weekend Indonesia COVID-19 Online. Enggak tanggung-tanggung tercatat ada 1490 peserta dari 29 provinsi di Indonesia. Penyelenggaran acara ini langsung jadi Startup Weekend COVID-19 Online terbesar di Asia Pasific.

Nah gini dong, walaupun kita cuma bisa ketemu lewat dunia maya tapi semangat gotong-royong itu harus tetep ada!

“Kami berharap para startup yang lahir dari Startup Weekend Indonesia COVID-19 Online ini bukan hanya melahirkan ide, tetapi bisa segera dijalankan, sehingga dapat memberikan dampak signifikan dan konkrit terhadap masyarakat,” ujar mbak Faye Alund,  CEO & Co-founder dari KUMPUL.

Terus, siapa aja sih yang berhasil menang dari Startup Weekend kali ini?

Setelah semua peserta belajar tentang bisnis model canvas, validasi pasar, pengembangan prototype, dan kiat-kiat pitching yang dibimbing langsung oleh 50 mentor. Terpilihlah 3 pemenang tim startup yaitu:

1. MediKatalog, sebuah platform marketplace alat-alat medis dan obat-obatan, yang diinisiasi oleh Azhar Rafiq sebagai Juara 1;

Medikatalog, Juara 1 Startup Weekend Indonesia COVID-19 | instagram.com/startupweekendindonesia
Medikatalog, Juara 1 Startup Weekend Indonesia COVID-19 | instagram.com/startupweekendindonesia

2. Cook Like A Chef, sebuah platform solusi untuk memasak lengkap dengan resep yang terverifikasi dan jasa pengiriman bahan masakan. Diinisiasi oleh Raynald Yudistira, startup ini berhasil memenangkan Juara 2;

Cook Like A Chef, Juara 2 Startup Weekend Indonesia COVID-19 | instagram.com/startupweekendindonesia
Cook Like A Chef, Juara 2 Startup Weekend Indonesia COVID-19 | instagram.com/startupweekendindonesia

3. MentorKU, platform edukasi interaktif penyedia jasa mentoring dan konsultasi karir, yang diinisiasi oleh Jesha Vebrattie sebagai Juara 3.

Mentorku, Juara 3 Startup Weekend Indonesia COVID-19 | instagram.com/startupweekendindonesia
Mentorku, Juara 3 Startup Weekend Indonesia COVID-19 | instagram.com/startupweekendindonesia

Mewakili tim startup MediKatalog, Azhar Rafiq mengungkapkan bahwa sebagai platform jual beli dan inventori stok otomatis APD Rumah Sakit, MediKatalog berharap dapat membantu kestabilan stok APD dari produksi hingga digunakan tenaga medis sehingga bisa membantu memutus rantai COVID-19 dan melindungi tenaga medis dan masyarakat di Indonesia.

“Kemenangan ini saya kira merupakan bonus dan anugerah di awal bulan suci Ramadhan bagi saya. Sebab awalnya ide ini saya buat untuk menjawab keresahan saya terkait masalah kelangkaan APD berimbas pada senior-senior saya yang sudah menjadi dokter di fasilitas kesehatan mempertaruhkan nyawanya di garis depan,” ujar Azhar.

Selain ketiga juara di atas, ada juga startup yang berhasil memikat hati para juri, yaitu SekolahID yang memenangnya nominasi judge’s favorite. Startup yang terpilih tersebut nantinya akan mewakili Indonesia pada Top 20 Global Winner Startup Weekend, dan berkompetisi dengan startup-startup lain dari negara di seluruh dunia untuk menemukan siapa yang mempunyai ide paling menarik dan terbaik untuk menyelesaikan masalah yang ada akibat dampak dari wabah virus COVID-19.

Udah saatnya, gotong-royong ini juga mendunia, biar wabah corona ini cepat reda! Selamat bagi para pemenang, inget ya ini masih tahap awal, masih banyak perjalanan panjang lainnya! hehe

Artikel ini merupakan artikel partnership bersama Startup Weekend Indonesia

Ditulis oleh: Azwar Azhar