Featured

Infografik: Perjalanan Industri Game Indonesia

Dalam rangka Popcon Asia 2015, Ziliun.com mempersembahkan tiga infografik tentang perjalanan industri film, komik, dan game di Indonesia.

Waktu ngebikin infografik ini, tim Ziliun.com yang berkolaborasi dengan Duniaku Network jadi bernostalgia sendiri sama masa-masa ABG labil, main di warung rental PS dan warnet berjam-jam, sampe bohong mulu sama orangtua :p.

Game emang gak dipungkiri adalah salah satu bagian penting di masa kecil kita, yang lahir di tahun 90an. Selama ini yang bikin kita heboh adalah game-game luar kayak Final Fantasy, Ragnarok, Warcraft, Dota. Tapi, pernah gak sih kita mikir, gimana kabar industri game dalam negeri?

Ziliun-Game
Perjalanan Industri Game Indonesia

Infografik ini merangkum apa aja yang udah terjadi di industri dalam negeri. Banyak studio game dan game publisher lokal yang sebenarnya gak cuma ngerjain proyek outsourcing dari luar, tapi juga udah sejak lama bikin game sendiri. Kalau ada yang belum tahu, game Icon Pop Quiz yang sempet nge-hits itu bikinan studio lokal lho, yaitu Allegrium. Sekarang, banyak game kita yang juga mendapatkan perhatian dunia, lewat situs-situs crowdfunding.

Jadi, para gamers yang sering dikatain kekanak-kanakan, jangan insecure, deh! Kalau lo gak cuma mengonsumsi, tapi juga ikut jadi kreator, you contribute to this soon-to-be billion dollar industry.

Baca juga: Infografik: Perjalanan Industri Film Indonesia

Header image credit: dualshockers.com