Insight

Ibadah Online, Emang Bisa?

Zaman serba canggih gini, hampir semua aktivitas bisa dilakuin secara online, termasuk juga ibadah. Untungnya ada aplikasi-aplikasi yang di dalamnya ada fitur buat menunjang aktivitas ibadah kamu, pastinya sih gratis dan gampang banget buat digunain. Apalagi nih, mumpung banget, banget, dan bangetttt, lagi bulan puasa, ini bakal momen yang tepat buat kita untuk semakin banyak melakukan ibadah. Aplikasi-aplikasi ini juga dikemas dengan unik dan kreatif, so pastinya bakal ningkatin experience kamu di setiap fiturnya. 

Yuk cek!

Umma

Aplikasi Umma memiliki tiga fitur utama, yaitu fitur konten, ibadah, dan komunitas yang dapat diakses secara gratis. Ini yang ngebedain Umma dengan aplikasi ibadah untuk muslim lainnya, karena sederhananya sih, aplikasi ini mirip kayak Facebook, mirip ya, bukan persis sama. Jadi, di tampilan beranda Umma, ada postingan yang bentuknya tulisan dan  foto, trus pengguna bisa ngasih respon berupa like maupun komentar. Untuk konten ibadahnya sendiri, yang bikin Umma juga relatif lebih unggul, karena ada fitur video kajian yang disampaikan oleh 80 ustadz dan ulama ternama. Video ini disesuaikan sesuai dengan ketertarikan pengguna dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan. 

Terakhir, ada juga fitur komunitas yang berisi grup chat bagi para pengguna untuk berdiskusi dan tanya jawab dengan ustadz pembina grup tersebut. Jadi, kalo dibandingin sama aplikasi sejenis, Umma punya lebih banyak fitur, gak hanya untuk jadwal shalat, arah kiblat, ataupun Al-Quran beserta terjemahannya aja, dan yang pastinya lebih interaktif juga, selain ke sesama pengguna, tapi juga ke ustadz atau ulama. 

Learn Qur’an

Aplikasi ini cocok banget buat yang mau memperdalam lagi baca Al-Quran sampe dari tajwid hingga tafsir-tafsirnya. Di sini kamu bisa liat teori sekaligus berlatih dan ukur kemampuan lewat tes Setelah belajar teori dan berlatih, pengguna dapat mengukur kemampuan lewat fitur tes. Tesnya nanti itu bakalan berbentuk pilihan ganda dan kita merekam bacaan Quran yang diujikan.

Lazismu 

Lazismu, Aplikasi Bayar Zakat
Lazismu, Aplikasi Bayar Zakat

Lazismu adalah aplikasi yang memudahkan kamu untuk menyalurkan zakat dan amal secara online. Aplikasi ini juga pake sistem crowdfunding mirip startup Kitabisa.com, kalo di Lazismu, nama fiturnya adalah Oase, jadi disini muncul postingan yang isinya tentang informasi atau berita kelompok-kelompok yang membutuhkan donasi. 

Nah, khususnya buat anak-anak muda alias Gen Z, apalagi yang baru banget kerja, dan masih belum familiar dengan zakat penghasilan atau zakat Mal, aplikasi ini bakal ngebantu banget buat proses kalkulasinya, gampang dan cepet. Biar gak lupa juga, aplikasi Lazismu bakal “setia” ngingetin kamu buat bayar zakat tiap bulannya. Di tengah  bulan Ramadhan dan pandemi seperti ini, aplikasi Lazismu pastinya dibutuhin banget, karena mengingat ada himbauan physical distancing yang bikin aktivitas di luar rumah dibatasi, jadi kalo kamu mau bayar zakat Mal atau zakat Fitrah, kamu bisa pake Lazismu ya!

Ensiklopedi Hadits

Ensikopedi Hadis
Ensikopedi Hadis

Mumpung lagi bulan Ramadhan, mungkin waktu yang tepat buat kamu belajar tentang hadist, kalo aplikasi buat belajar Al-Quran, udah banyak kali ya, tapi kalo aplikasi hadist? Hmmm…but anyway, di aplikasi ini ada 62 ribu hadist dari 9 Imam, yakni: Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Tirmidzi, Sunan Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Muwatha’ Malik, dan Sunan Darim. Trus lengkap juga pake teks Arab sama Bahasa Indonesia. Jadi, kalo kamu mau gomongin agama, lebih oke nih karena bisa bawa hadist, iye gak? biar gak asbun alias asal bunyi….. hehehe!

E-Murojaah

Aplikasi E-Murojaah digunain buat kamu yang pengen khatam Al-Quran. Kedengerannya emang simple ya, tapi coba inget lagi, kapan terakhir kali kamu dapat tertidur tenang, ((lah)), kapan terakhir kali kamu bisa khatam Al-Quran? salah satu faktornya bisa jadi karena gak ada target yang jelas, dan gak ada tools yang bisa nge-track sejauh mana progress yang udah dilakuin. Di aplikasi ini tersedia fitur buat nge-track jumlah ayat, halaman, bahkan juz yang dibaca. Jadi, ini bakal bantu kamu buat merealisasikan target khatam Al-Qurannya 

Ibadah online, emang bisa? 

Bisa banget dong! Yang gak bisa tuh males beribadah, hehe. 


Ditulis oleh: Ade Irma Sakina

Disunting oleh: Azwar Azhar