Featured

Yang Spesial dari Google Demo Day 2018

Ada yang spesial dari Google Demo Day kali ini. Acara yang dimulai pada tahun 2014 ini sebelumnya diadakan di Eropa dan Amerika. Pada tahun 2018 ini, untuk pertama kalinya event tersebut akan diadakan di Asia Pasifik, tepatnya di Shanghai, Tiongkok pada bulan September 2018 mendatang. Michael Kim selaku Partnership Manager dari Google for Entrepreneurs mengatakan bahwa Google sangat bersemangat untuk melihat ide-ide terbaik yang berasal dari kawasan Asia Pasifik. CEO Google, Sundar Pichai, menambahkan bahwa Shanghai terpilih sebagai lokasi acara ini karena banyaknya aktivitas investasi di Negeri Tirai Bambu tersebut dan juga ekosistem startup yang sedang berkembang pesat di negara tersebut.

Google Demo Day Asia menyasar para startup yang berada di fase awal mereka. Beberapa syarat bagi startup yang ingin mendaftarkan dirinya untuk mengikuti acara ini antara lain secara hukum didirikan dan memiliki pusat di Asia; telah berhasil mengumpulkan setidaknya US$50.000; dan saat ini tengah mencari pendanaan investasi sebesar US$1 Juta—U$5 Juta.

Mengingat pentingnya networking bagi startup, Google Demo Day Asia sendiri menjadi ajang yang tepat bagi startup dari seluruh dunia untuk bertemu dan menjalin relasi dengan para potensial investor yang telah dipilih oleh Google. Bagi startup yang menonjol dalam acara presentasi ini, selain berkesempatan mendapatkan tambahan pendanaan, mereka juga berkesempatan mendapatkan kredit untuk Google Cloud Platform sebesar US$100.000.

Tak hanya itu, dengan mengikuti Google Demo Day Asia, startup terpilih juga akan mendapatkan pengalaman lebih melalui pelatihan yang akan diberikan oleh Google sebelum startup mempresentasikan idenya baik kepada para investor lokal maupun internasional. Selain pelatihan dari Google, startup terpilih juga akan mengikuti immersion program sehingga dapat mempelajari secara langsung  tentang ekosistem startup di negeri Tiongkok yang kini tengah berkembang pesat. Sejak awal diadakan, Google Demo Day telah berhasil membawa investasi sebesar US$ 273 Juta bagi para pesertanya, dan di tahun 2017 sendiri acara ini telah berhasil membawa investasi sebesar US$ 18 Juta. Tak hanya itu, sejak 2014 acara ini juga telah mempertemukan 100 perusahaan investasi dan venture capital dengan para startup founder yang mempresentasikan produk uniknya.

Poster Demo Day Asia

Untuk Google Demo Day Asia 2018 mendatang, KIBAR, selaku partner dari Google for Entrepreneur di Indonesia, telah menjembatani startup asal Indonesia yang ingin berpartisipasi dengan membantu proses registrasi dan juga menominasikan startup lokal untuk mempresentasikan produk mereka di ajang tersebut.  Kira-kira siapa saja startup asal Indonesia yang berhasil lolos seleksi untuk mempresentasikan ide cemerlangnya di Google Demo Day? Kita tunggu saja pengumumannya!