Story

Elle dan Jess: Berawal dari Hobi, Berlanjut Jadi Bisnis

#Ziliun30 adalah rangkaian 30 profil tech entrepreneur yang berusia di bawah 30 tahun, yang berpikir dan bermimpi besar, melihat masalah sebagai peluang, menjunjung tinggi kolaborasi, memahami kegagalan sebagai bagian dari proses, serta membuat terobosan strategi marketing dalam bisnis. #Ziliun30 merupakan kerjasama Ziliun.com dengan the-marketeers.com selama September 2014.

Bisnis bareng teman mungkin sudah biasa. Bisnis bareng saudara sendiri? Itu yang dilakukan oleh kakak-beradik Ellissa dan Jessica Yamada. Melalui online shop Gowigasa, mereka sukses berkiprah di bisnis fashion sejak 23 Januari 2010.

Ellissa dan Jessica Yamada pada awalnya eksis sebagai fashion blogger. Media Tech in Asia menyebut mereka sebagai salah satu dari lima fashion blogger terpopuler di Indonesia, disejajarkan dengan nama-nama seperti Diana Rikasari dan Evita Nuh. Salah satu yang membuat mereka terkenal adalah wajah mereka yang terbilang unik karena sangat mirip dengan gadis Jepang. Padahal, mereka ini orang asli Indonesia.

Baca juga: Mau ‘Jalan di Tempat, Grak!’ atau ‘Maju, Jalan!’?

Elle & Jess. (elleandjess.com)

Karena banyak orang yang mengira mereka orang Jepang, Ellissa yang lebih akrab disapa Elle pun iseng mengetik the most common surname in Japan di Google, dan keluarlah nama Yamada. Sejak saat itu, Elle dan Jess menambahkan kata Yamada di belakang nama mereka. Nama Elle Yamada dan Jess Yamada pun jadi nama beken mereka sampai sekarang.

Saking cintanya sama dunia fashion, Elle dan Jess mutusin buat bikin online shop sendiri. Online shop ini mereka kasih nama Gowigasa, singkatan dari “Good Will Garage Sale”. Dinamai Gowigasa karena pada awalnya mereka hanya ingin menjual kembali secondhand clothes yang mereka punya.

Baca juga: Hidup untuk bekerja, atau bekerja untuk hidup?

Strategi marketing mereka terbilang unik. Selain mengatur jalannya bisnis tersebut, Elle dan Jess juga menjadi model untuk online shop mereka. Secara nggak langsung ini jadi strategi promosi koleksi Gowigasa lho! Elle dan Jess memang nggak pernah berhenti mengeksplor ide-ide gila yang membuat mereka jadi bahan pembicaraan.

Kejelian melihat peluang menjual pakaian second tersebut tanpa disangka menjadi awal mula online shop ini menjadi sukses. Ternyata, banyak yang menggemari Gowigasa, didukung dengan fakta bahwa blog pribadi Elle dan Jess sendiri (ellejess.com) memiliki hampir 1 juta pengunjung yang tersebar di berbagai negara. Pengunjung paling banyak sih berasal dari Indonesia dan USA. Pola pikir mereka yang progresif pun membuat mereka nggak berhenti di situ. Dengan berkembangnya Gowigasa, Elle dan Jess pun ikut menambah variasi produk dengan produk-produk impor maupun buatan sendiri.

Baca juga: Belajar dari Kedai Kopi Bernama Starbucks

Elle dan Jess sendiri nggak punya background di bidang fashion. Jess dulu berkuliah di Universitas Bina Nusantara jurusan Desain Komunikasi Visual – Animasi, sementara Elle mengambil jurusan manajemen di MIBT. Tapi, mereka berdua memang penuh dengan kreativitas. Tahun 2012 lalu, Elle dan Jess bergabung ke dalam girlband bernama Hearts yang diprakarsai Dea Ananda. Multitalented girls, aren’t they?

Dalam suatu wawancara dengan majalah remaja, Elle bicara tentang idealisme yang selalu mereka pegang. Ternyata buat Elle dan Jess, their purpose is to express, not to impress. Hal inilah yang membuat mereka terus semangat berkarya untuk Gowigasa.

Baca juga: Bisnis Modal Ngutang, Ngga Jaman!

image header credit: picjumbo.com