Uncategorized

Diana Rikasari: Menekuni Passion dan Menebar Purpose lewat Fashion Brand UP!

Siapa yang pernah mendengar UP! Shoes? Brand sepatu wedges yang nge-hits di antara cewek-cewek ini adalah hasil kerja keras dari Diana Rikasari, salah satu fashion blogger paling top di Indonesia.

Diana, yang berusia 29 tahun, adalah lulusan S2 International Business Management dari Nottingham University. Awalnya, ia membangun karir sebagai research executive hingga menjadi assistant brand manager di Unilever Indonesia. Di samping pekerjaan, Diana memiliki hobi menulis, fotografi, dan desain. Hobi ini yang mendorongnya rutin sharing gaya-gaya fashion pribadinya melalui blog bertajuk Hot Chocolate and Mint (dianarikasari.blogspot.com) sejak 7 tahun lalu.

Baca juga: Andina Nabila Irvani: Maksimalkan Bakat Melukis Jadi Ladang Bisnis

Diana Rika Sari (dianarikasari.blogspot.com)

Siapa sangka, Hot Chocolate and Mint menjadi salah satu fashion blog yang menjadi trend driver dunia fashion blogging di Indonesia. Nama Diana Rikasari mulai terdengar di mana-mana. Tiga tahun kemudian tepatnya pada Desember 2010, ia memulai fashion brand kreasinya sendiri, yang bernama UP!

Personality Diana Rikasari yang tidak pernah takut mengeksplor gaya berpakaian tercermin dari desain-desain sepatu UP. Koleksi UP! cenderung mengangkat tema-tema yang tidak biasa, seperti buah-buahan. Diana, yang bertanggungjawab sendiri atas desain produk dan pemasaran, hanya mengeluarkan 2-3 desain sepatu setiap bulannya.

Baca juga: Yukka dan Putera: Bangun Fashion Brand dengan Manfaatkan Engineering Design

Mengusung slogan “Shoes with passion + purpose”, pendekatan marketing Diana Rikasari terbilang unik. Pertama, semua sepatu UP dibuat made-to-order. Tujuannya adalah untuk meminimalisir biaya inventori dan waste. Pendekatan seperti ini justru adalah satu yang membuat UP! begitu booming, karena desain dan koleksinya yang tergolong eksklusif. Kedua, UP! hanya dijual secara online dan hingga saat ini Diana tidak berniat membuka toko fisik. Menurutnya, uang yang digunakan untuk mendirikan toko lebih baik digunakan untuk inovasi produk.

Baca juga: Di Tangan Dea Valencia, Batik Indonesia Tembus Pasar Dunia

Ketiga, Diana memasukkan unsur sosial dalam penjualan UP!, sesuai slogannya bahwa UP! merupakan sepatu yang punya purpose. Setiap pembelian satu buah sepatu UP!, lima ribu rupiah akan disumbangkan kepada anak tidak mampu. Program bernama LEVELUP! SCHOLARSHIP PROGRAM yang bekerjasama dengan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) ini hingga sekarang telah berhasil membiayai pendidikan lebih dari 200 anak kurang mampu.

Brand UP! berhasil membawa Diana Rikasari memenangkan beberapa penghargaan, termasuk International Young Creative Entrepreneur 2012 dari British Council, serta Top 50 UKM GO ONLINE! Dari majalah Marketeers. Di samping semua prestasi tersebut, Diana pernah menyatakan bahwa perannya yang paling penting adalah memastikan bahwa UP! akan terus konsisten dengan nilai pemberdayaan perempuan dan kepedulian terhadap sesama, yang membuat UP! sebagai merek dengan passion dan purpose yang kuat.

Baca juga: Jtoku: Dari Jogja untuk Indonesia, Dari Indonesia untuk Dunia

Image header credit: picjumbo.com