Featured

Simak Coworking Space Asik yang Tersebar di Indonesia ini!

Coworking space kini semakin menjamur. Nggak heran, karena bekerja sekaligus berkomunitas di coworking space punya segudang manfaat, seperti menambah kenalan yang berpotensi jadi rekan kerja atau partner hingga keluar dari zona nyaman yang bisa membantu kita menemukan ide-ide baru yang lebih segar. Menurut Mona Patel, Founder Motivate Design, mengelilingi diri dengan orang-orang yang berpikiran serupa dan juga memiliki semangat yang sama dalam menciptakan inovasi, membangun, gagal, dan saling belajar dalam sebuah coworking space akan sangat memotivasi dan juga menginspirasi diri kita untuk terus berkembang.  

Tergiur untuk ikut mencoba? Pastikan kamu nggak ketinggalan deretan coworking space asik yang ada di Jakarta, Surabaya, dan Bali ini!

ruang & tempo di Jakarta

TEMPO berkolaborasi bersama KIBAR, menciptakan ruang & tempo, sebuah coworking space yang bertempat di Gedung TEMPO lantai 8. Coworking space ini dikelola oleh KUMPUL, mitra strategis KIBAR, yang telah berpengalaman di bidang coworking management. Nggak hanya menyediakan tempat kerja, ruang & tempo juga menginisiasi berbagai program dan proyek yang mengembangkan kualitas para talenta lokal dengan sejumlah partner strategis mereka. Keunggulan ruang & tempo yang diresmikan bulan Mei lalu ini adalah akses dengan media TEMPO yang telah malang melintang sejak hampir lima dekade di Indonesia beserta network dan sumber dayanya. Kamu juga bebas bekerja di berbagai ruangan yang ada di ruang & tempo, di mana masing-masing bagian ruangannya mengandung filosofi tersendiri.

Salah satu ruang meeting di ruang & tempo yang digunakan untuk suasana santai | Dok: ruang & tempo

Coworking space seluas 700 meter persegi ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu ruang ‘Bangkit’, ‘Bersatu’, dan ‘Berjuang’, yang menyatukan nilai-nilai, perjuangan, program-program, serta kelas-kelas dari para kolaboratornya (TEMPO Media, KIBAR, Tempo Institute, dan KUMPUL).

KORIDOR Coworking Space di Surabaya

KORIDOR Coworking Space yang terletak di Gedung Siola Lantai 3, Jalan Tunjungan Surabaya ini merupakan bagian dari visi Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, untuk menjadikan Surabaya sebagai sentra kreatif dan teknologi di tingkat global. Menariknya, KORIDOR ternyata merupakan coworking space diinisiasi oleh pemerintah kota, lho! Nah, KORIDOR ini jadi langkah awal Pemerintah Kota Surabaya dalam membangun dan memperkuat pondasi ekonomi kreatif di tingkat lokal.

Suasana salah satu workshop yang diadakan di KORIDOR | Dok: Kreavi

Nantinya diharapkan tercipta ekosistem yang memberdayakan para kreator, inovator, dan entrepreneur lokal untuk menciptakan inovasi sehingga mampu bersaing di tingkat global. Selain menawarkan ruang kerja bersama untuk mewadahi inovasi dan kolaborasi anak muda kreatif di Surabaya, KORIDOR bersama partner strategisnya (Gapura Digital, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Indonesia Android Kejar, dan Kreavi) rutin mengadakan berbagai aktivitas, seperti workshop dan diskusi.

KE{M}BALI Innovation Hub di Bali

Pesatnya pertumbuhan ekosistem kreatif, teknologi, dan kewirausahaan menjadi salah satu pemicu hadirnya KE{M}BALI Innovation Hub yang dikelola oleh KUMPUL. Berlokasi di Jalan Sunset Road No. 28, Badung, Seminyak, Bali, KE{M}BALI diresmikan Maret lalu dan berperan sebagai wadah pelaku industri lokal untuk mendorong kemajuan ekosistem kreatif dan teknologi di Bali.

Area komunal yang bisa kamu pakai untuk berjejaring di KE{M}BALI Innovation Hub | Dok: KE{M}BALI

Apalagi Bali merupakan salah satu tujuan utama bagi para digital nomad. Itu sebabnya KUMPUL yang telah tiga tahun terakhir menjadi salah satu pelaku coworking space di Bali ini menghadirkan KE{M}BALI untuk mewadahi talenta, kreator, dan pelaku industri lokal yang ingin berkontribusi dalam mendukung ekosistem kreatif dan teknologi di Bali. Sebelum diresmikan, KE{M}BALI sudah menggelar berbagai program yang melibatkan beberapa partner mereka, seperti Gapura Digital, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, dan Indonesia Android Kejar. Selain itu KE{M}BALI juga diramaikan oleh berbagai kegiatan yang diadakan oleh komunitas seperti Seminyak Design Week, Series of workshop HRA Bali (Human Resources Association), Airbnb Monthly Gathering, Google Developers Group Bali, Global Business Guide Bali, dan WomenWill.