Insight

Coworking Space: Bukan Sekadar Tempat untuk Bekerja!

Mungkin kalian sudah nggak asing lagi dengan istilah coworking space. Coworking space memang telah menjadi tren baru di Indonesia dan juga seluruh dunia, apalagi dengan semakin berkembangnya startup. Tapi apa sih sebenarnya coworking space itu, dan apa yang membedakannya dengan tempat kerja atau kantor pada umumnya?

Coworking space sendiri pertama kali didirikan oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll di Vienna, Austria, di tahun 2002 yang bernama Schraubenfabrik. Sebagai coworking space pertama di dunia, Schraubenfabrik pun dijuluki “Mother of Coworking Space”! Sedangkan kalau di Indonesia sendiri, coworking space pertama malah didirikan di Bandung pada tahun 2010 oleh Yohan Totting. Coworking space pertama di Indonesia ini diberi nama Hackerspace. Namun mungkin coworking space paling banyak dikenal di Indonesia dan juga banyak dijadikan sebagai contoh adalah coworking space yang didirikan oleh Peter Wall, John Alderson, dan Steve Munroe di Ubud, Bali, yang bernama Hubud.

Di Indonesia sendiri coworking space terus berkembang. Tercatat hingga 2015 ada 34 coworking space yang berada di berbagai provinsi di Indonesia. Di Jakarta misalnya, ada MENARA by KIBAR yang dikelola oleh KUMPUL dan juga ada coworking space yang dibangun oleh Pemkot Surabaya, KORIDOR, yang juga menjadi tempat nongkrongnya arek Suroboyo.

Coworking space, secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah tempat kerja bersama, di mana tidak hanya terbatas untuk satu perusahaan maupun profesi saja. Individu dari berbagai latar belakang dapat bekerja bersama-sama di tempat tersebut. Coworking space biasanya juga didesain dengan konsep terbuka, sehingga para individu yang ada di tempat tersebut dapat saling berinteraksi satu dengan lainnya.

Banyak founder startup dan juga para entrepreneur memilih coworking space sebagai alternatif tempat kerja di luar rumah. Selain karena biayanya yang terjangkau, coworking space juga menawarkan suasana dinamis dan juga menginspirasi.

Meskipun sama-sama berbagi tempat kerja, yang membedakan sebuah coworking space dari share workspace adalah kesempatan kerja sama dan juga komunitas yang dibangun oleh coworking space. Karena esensi dari coworking space sendiri terdapat pada nilai-nilai seperti komunitas, keterbukaan, kolaborasi, sustainability, dan accessibility. Serunya, dengan bekerja di coworking space kamu bisa saja bertemu dengan partner business atau bahkan calon investor saat mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh komunitas.

Nah kalau kamu sedang mencari tempat untuk mengerjakan project-mu, daripada hanya sekadar bekerja di coffee shop, tidak ada salahnya untuk mencoba dan bergabung dengan komunitas coworking space terdekat di kotamu. Dengan demikian kamu dapat semakin terinspirasi dan siapa tahu kamu dapat berkolaborasi dan menjadikan project-mu lebih sukses dan seru. Semoga berhasil!