Insight

Bersosialisasi di Era Antisosial

Keahlian bersosialisasi sangat diperlukan untukmu sukses dalam berkarier. Keahlian ini penting, karena di mana pun kamu berada, apakah kamu bekerja sendirian atau dalam tim, kamu pasti akan tetap ketemu manusia. Sayangnya, ngga semua orang ‘berbakat’ dalam bersosialisasi. Namun, karena namanya skill, keahlian sosial ini bisa dilatih dan diperbaiki. Kalau kamu merasa ngga pandai get along sama orang lain, nasib pekerjaanmu bahkan bisa terancam. Jika kamu merasa kurang jago dalam bersosialisasi, kami punya beberapa tips ini bisa membantumu.

Empati

Kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dan memahami perasaan mereka adalah hal yang sangat penting di zaman sekarang. Jika kamu benar-benar mendengarkan apa yang orang lain rasakan dan khawatirkan, kemudian kamu menempatkan diri di posisi mereka, maka kamu akan bisa memahami mereka lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa memberikan solusi yang lebih tepat guna karena kamu paham apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Selain itu, hal penting lainnya adalah memperlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan. Cara berpikir ini selalu membawa hasil yang positif.

Mendengarkan

Poin penting menjadi pendengar adalah bukan hanya mendengarkan, tetapi mendengarkan dengan aktif. Artinya, kamu benar-benar hadir dan fokus saat seseorang sedang mengutarakan sesuatu. Buatlah kontak mata dengan pembicara, mengangguk saat kamu setuju, dan bertanya saat memerlukan klarifikasi. Dengarkan tanpa interupsi saat orang lain berbicara, beri waktu untukmu berpikir, susunlah respons, kemudian jawab. Pokoknya, Jangan menjawab tanpa berpikir!. Setelah kamu membiasakan cara mendengar seperti ini, kamu akan segera melihat perbedaan positifnya.

Menjadi Positif

Sapa rekan-rekan kerjamu dengan senyum di wajah saat pagi hari. Kamu akan terkejut berapa banyak yang membalas senyummu. Jika kamu positif terhadap orang lain, maka orang lain akan positif terhadapmu juga. Jangan ragu menggunakan kata-kata ajaib “tolong” dan “terima kasih”. Jangan lupakan sopan santun. Tentunya, jangan biarkan orang lain memanfaatkan kebaikanmu. Ketahui batasanmu dan biarkan orang lain mengetahuinya juga.

Bekerja sama

Bekerja sama adalah hal yang esensial di dalam tempat kerja. Kamu harus mampu bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, penting bagi tiap orang mengerti apa yang diharapkan dari dirinya. Jika satu orang gagal memenuhi tanggung jawabnya dalam tim, maka hal ini akan memengaruhi kesuksesan performa tim. Untuk alasan ini, pastikan tiap anggota tim mengetahui apa yang harus dilakukannya, termasuk dirimu. Selain itu, bantulah rekan kerjamu karena kalian bekerja untuk tujuan yang sama.

referensi: Entrepreneur.com