Story

Komikrukii x Lemari Bukubuku (LBB): Another Version of Heroes Nowadays!

Introduce the Heroes!

Semua orang bisa jadi “pahlawan” buat ngelawan virus Corona, ga mandang mau profesinya apa, kalo ada ide yang baik dan perencanaannya udah mateng, langsung sikat aja deh, ga pake babibu, alias KONKRIT guys! Nah contoh “pahlawan” yang bisa kita apresiasi banget buat hasil kerjanya ngelawan virus meresahkan ini adalah Komikrukii, kreator yang menyuarakan isu sosial melalui ilustrasi kreatif, bersama dengan  Lemari Bukubuku (LBB), a social movement yang open donation dalam bentuk buku dan sebagai apresiasi, setiap donator bakal ngedapetin satu ilustrasi yang ciamik!

Nah pas isu pandemik lagi “nguap” dimana-mana, mereka akhirnya bikin open donation, hampir mirip sih kayak sistem di LBB, cuma bedanya bentuk donasinya bukan dalam bentuk buku, tapi dalam bentuk uang, dan sebagai gantinya, mereka yang menyumbang akan mendapatkan ilustrasi dari Komikrukii dan beberapa ilustrator lainnya di LBB. 

Cakep kan!

Ziliun bersama Kreavi berkesempatan mewawancarai langsung Komikrukii dan Farhan Raudah, kreator yang ambil bagian di movement ini.

Hasilnya adanya di tulisan di bawah ini, mari disimak!

How Does It Work?

Biasanya yang ngedadak tuh malah yang ajib, tahu aja enaknya tahu bulat yang digoreng dadakan kan?! Nah jadi tuh, bermula dari berita tentang stok masker dan Alat Pelindung Diri (APD) yang mulai sulit buat didapetin, dari sini Komikrukii mulai cari cara gimana bisa bantuin donasi, awalnya sih mereka ngintip-ngintip dulu cara kerja crowdfunding ala Kitabisa.com, terus akhirnya kepikiran buat ngajakin LBB buat collab bareng buat nge­design crowdfunding pake cara mereka sendiri.

Jujur mereka pun ga nyangka banget sama antusias orang-orang buat ikut donasi, itu yang bikin mereka percaya kalo orang baik itu masih ada. Banyak orang yang pengen bantuin, cuma bingung mau nyalurinnya kemana dan open donation ini bisa jadi jawabannya, dan voila gerakan kebaikan ini akhirnya dimulai dari tanggal 15 Maret-17 Maret 2020 dengan jumlah donatur sampai saat ini ada 32 orang dengan total hampir mencapai 20 juta Rupiah yang nantinya setelah dikumpulin, bakal didonasiin ke Kitabisa.com.

 Baca juga: Berkarya dari Rumah Lebih Kaya

Jadi tuh buat open donation ini gak semua Komikrukii ambil bagian, trus dibantuin juga sama volunteers yang punya gawe buat ngurusin keuangan dan nyusun koordinasi biar kerjanya lebih rapi. Nanti biar gak ribet, satu illustrator bakal take in charge di satu project, dia yang desain dan sekalian nimbrung di bagian koordinasi.

How About Other Illustrators Continuing This Idea?

“Pahlawan” lain yang patut diacungi jempol tuh Farhan Raudah, kreator yang ngelanjutin open donation LBB bareng temen-temen ilustrator lain yang jumlahnya ada 15 orang. Dengan ide yang masih sama kayak collaboration yang dilakuin Komikrukii sama LBB sebelumnya, gak disangka, ada 60 donatur yang “menitipkan” karya ke Farhan dan tim.

Ia percaya kalo ini merupakan cara buat ilustrator kayak dia dan temen-temen yang lain buat bergerak dan berbuat baik melawan virus Corona lewat skill yang mereka punya, dan ngasih tau ke masyarakat kalo ilustrator itu juga bisa terjun ke ranah sosial kayak gini.

 

Salah satu karya Komikrukii menanggapi isu Corona | Sumber: instagram.com/komikrukii

The Opinion About This Pandemic, maybe?

Hal yang paling kerasa banget buat ilustrator  bagi Komirukii pas lagi pandemik kayak gini adalah beberapa pekerjaan yang terpaksa di­cancel, mulai dari pameran tunggal sampe ke open trip. Gak ada jalan lain kecuali muter otak buat tetap ngejalanin bisnis via online, mau gimana pun, this startup must move fast, definitely.

Sama kayak harapan orang pada umumnya, pengennya sih pandemi ini cepetan berakhir, dan pemerintah kudu banget yang namanya cepet tanggap sama kondisi kayak gini, dan terbuka gitu lho ke masyarakat, what’s going on, govt? Karena masyarakat juga pengen tau  gimana progress kerja mereka, orang-orang yang duduk rapi dengan setelan kemeja lengkap yang katanya sih punya amanat buat kerja demi kepentingan masyarakat.

Inisiasi Kartu Pos Untuk Semua, Klik pada gambar untuk informasi selanjutnya | Sumber: instagram.com/komikrukii

 The Kind Message for Illustrator or Creator Out There?

Kalo secara general sih, yang pastinya jaga kesehatan dan tetep yang namanya social-distancing tuh harus banget dilakuin kalo pengen semuanya safe and healthy. Soalnya semakin banyak pasien, itu artinya tenaga medis yang dibutuhin juga makin banyak. Hal yang paling dikhawatirin tuh kalo misalkan tenaga medis nya juga collapse karena jumlah pasien yang gak sebanding, wadawww! Trus pengen ngajakin temen-temen buat lebih respect sama tenaga medis karena walau dalam kondisi kelelahan sekalipun, mereka tetep ngasih pelayanan terbaik buat orang-orang. Salut!

So, are you get inspiring, too? Get up and be Hero for your own version! Belom ada kata telat buat jadi “pahlawan”, yuk guys, udah tau mau ngelakuin apa?

Artikel ini merupakan artikel dalam rangka kampanye #BerkaryaDiRumah, kolaborasi bareng Ziliun bersama kreavi.

Simak updetan terbaru #BerkaryaDiRumah hanya di sini!


Ditulis oleh: Ade Irma Sakina

Disunting oleh: Azwar Azhar