Insight

Cari Tahu Apa Bekerja di Startup Cocok Bagimu!

Entah ingin mengubah haluan karier atau mencoba perusahaan dengan iklim yang berbeda, perusahaan startup selalu menarik karena menawarkan berbagai kesempatan menarik dan juga suasana segar yang tidak bisa didapatkan di perusahaan besar. Namun apakah kamu siap dan mampu berkembang di perusahaan yang memiliki pergerakan cepat dan tidak struktural? Bagaimana ya, caranya mengetahui apa budaya kerja di startup cocok untukmu?  

Ini dia beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan bekerja di perusahaan startup.

Kemampuan untuk Terus Menerima Perubahan

Startup merupakan sebuah eksperimen. Maksudnya, setiap inisiatif yang kamu atau tim kamu lakukan adalah hal baru. Itu artinya, perusahaan bergerak sangat dinamis dan siapa pun yang bekerja di dalamnya harus siap untuk dengan ambiguitas dan banyaknya ketidakpastian.

Dorong Batas Kemampuan Diri

Ketika menemukan berbagai tantangan, biasanya seseorang akan benar-benar teruji. Di perusahaan besar, mungkin kamu bisa langsung mengatasinya karena telah terbangun sebuah sistem yang solid. Sementara di perusahaan startup, masih banyak yang harus kamu dan timmu uji. Ketika dihadapkan dengan berbagai tantangan ini, apakah kamu mengajikan pertanyaan-pertanyaan, seperti “Bisakah kita merancang sistem yang lebih efisien?” atau “Bagaimana kita bisa mengatasi hambatan ini dan mempercepatnya?” Kecenderungan untuk secara aktif mempertanyakan daripada pasif berdiam diri, adalah kunci untuk sukses di perusahaan startup. Jika kamu selalu mencari pemecahan masalah, membuat solusinya lebih efisien, membuatnya dapat diulang, dan terus berkembang dari sana, bekerja di startup adalah pilihan tepat untukmu.

Kemampuan Berpikir Layaknya Seorang Pemilik Perusahaan

Bekerja untuk perusahaan yang baru ada di titik awal, kamu diharapkan untuk berinvestasi secara emosional. Keinginan untuk menjalankan misi dan petualangan pastinya lebih besar dari pada bekerja di perusahaan yang lebih besar dan semua usaha yang kamu keluarkan akan langsung berdampak pada keberhasilan perusahaan. Karena itu, kamu harus menjadi seseorang yang dapat sangat peduli bukan hanya pekerjaan sendiri tetapi semua aspek dari perusahaan startup tersebut. Pada perusahaan startup, setiap orang harus berpikir seperti pemilik perusahaan dan selalu bertanya, “Apa yang bisa saya lakukan secara pribadi untuk membuat tempat ini semakin berkembang?”

Jadi Pemain dalam Tim

Bekerja di perusahaan startup, kamu harus menjadi pemain tim, terjun ke dalam, dan siap melakukan hal-hal yang bahkan bukan tanggung jawabmu. Meskipun secara teknis kamu memiliki jabatan dan deskripsi pekerjaan tertentu, pada kenyataannya aktivitas sehari-harimu di perusahaan startup sangat mungkin bervariasi tergantung pada proyek yang sedang ditangani.

Siap dengan Gaya Hidup Startup

“Bergabung dengan startup bukan hanya pekerjaan, melainkan gaya hidup,” kata Daniel Gulati, Co-author Passion & Purpose. Bergabung dalam startup, kamu harus siap mengalami hari-hari yang menegangkan dan banyak pengorbanan yang harus dilakukan, salah satunya adalah waktu. “Startup adalah perpaduan energi, stres, dan rasa bahagia karena berhasil dengan berbagai pencapaian. Kamu harus benar-benar bersemangat untuk bekerja di sana,” lanjut Gulati.

Apakah kamu siap bekerja di perusahaan startup dengan segala faktor di atas?