Featured

Memancing Kembali Bangkitnya Gerakan Anak Muda di Indonesia

Lo mungkin merasa Mei bukanlah bulan yang spesial, namun lo tahu nggak bahwa gerakan yang mengubah “dasar” bangsa Indonesia dimulai di Bulan Mei? Dari bangkitnya gerakan nasional berupa Boedi Oetomo hingga Reformasi 1998, semua terjadi pada Mei.

Nah di bulan yang spesial ini, gue jadi kepikiran, apakah kita sebagai anak muda Indonesia masih memegang pola pikir revolusioner seperti itu?  

Di era sekarang, bermunculan stereotip bahwa anak milenial itu “apatis”, “mata duitan”, dan “oportunis”. Generasi yang cuma sibuk nyari duit, update status, dan “berantem” di media sosial. Tapi jangan salah, stereotip ini enggak sepenuhnya bener, masih banyak anak muda yang natap Indonesia dengan kacamata optimis. Menurut gue, aktivitas dan pencapaian organisasi ini harus banget disebarkan agar anak-anak muda kita sadar dan bikin gerakan serupa nantinya. Lewat ziliun, gue ngerekomendasiin gerakan-gerakan anak muda yang bagus untuk lo ikuti!

SabangMerauke

Tampilan Depan Halaman SabangMerauke |
http://sabangmerauke.id/

SabangMerauke merupakan organisasi yang mempunyai tujuan satu: agar anak – anak bangsa bisa mengenal Indonesia secara langsung. Sabang Merauke ingin mengembangkan rasa toleransi dengan memperkenalkan anak-anak muda kepada daerah – daerah di Indonesia, dengan cara terjun langsung ke lapangan. SabangMerauke berharap bahwa anak – anak muda akan semakin mempunyai rasa toleransi dan tergerak untuk membuat Bangsa Indonesia semakin kaya.

We The Youth

Kalau Sabang Merauke mempunyai misi untuk memperkenalkan Indonesia kepada anak muda, We The Youth adalah organisasi yang ingin membuat  anak Mllenial Indonesia “melek” sama masalah-masalah yang terjadi di Indonesia. Juga supaya anak muda tergerak untuk bikin diskusi yang berbobot soal solusi dari  masalah tersebut. We The Youth bisa membantu anak – anak jaman sekarang sadar bahwa masalah mereka bukanlah hal – hal sepele seperti kalah di game PUBG atau MOBA, namun ada juga masalah nyata yang harus diselesaikan oleh pemudanya.

Generasi Melek Politik

Millennial Menggugat dari Generasi Melek Politik x Asumsi.co

Sekarang, literasi politik anak milenial Indonesia telah menurun ketimbang generasi sebelumnya. Kalau lo mengikuti pemilu kemarin, lo bisa merasakan sendiri. Bingung memilih caleg, tidak tau kebijakan apa yang calon-calon presiden omongin, atau  memutuskan untuk golput karena bingung. Generasi Melek Politik ingin membuat anak muda sekarang semakin melek politik dan bisa ikut berpartisipasi dalam politik Indonesia. Mereka melakukannya dengan menyediakan ruang diskusi politik Indonesia.

Inisiator Indonesia

Tampilan Depan Website dari Inisiator Indonesia |
http://inisiatorindonesia.id/

Inisiator Indonesia adalah lembaga yang mempunyai misi untuk menemukan anak-anak Indonesia yang berbakat untuk kelak dibina agar bisa menghasilkan karya yang baik. Kalau lo bayangin hampir sama seperti akselerator untuk startup. Harapannya, Inisiator Indonesia bisa membuat anak-anak muda Indonesia semakin cepat menghasilkan karya dan membuat bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Youth of Indonesia

Youth of Indonesia ingin membuat tokoh baru untuk Indonesia. Mereka ingin mengenalkan pemuda yang bisa menjadi panutan untuk anak muda sekarang agar mereka bisa tergerak untuk menjadi individu yang lebih baik, ketimbang individu yang hanya terpaku oleh smartphone. Youth of Indonesia mengadakan acara diskusi dan talkshow yang membahas masalah-masalah yang terjadi di Indonesia dan memperkenalkan anak – anak muda berbakat yang sudah berjasa untuk Indonesia.

Salah satu konten dari Youth of Indonesia | Sumber: Youth of Indonesia

Sebenernya masih banyak lagi anak-anak muda yang keren lewat berbagai gerakannya tapi nggak sempat kesebut di sini. Mereka-mereka semua adalah bukti bahwa pemuda Indonesia masih mempunyai semangatnya. Semangat untuk membuat negara yang makmur dan sejahtera untuk rakyatnya. Namun, ini semua bisa terjadi jika lo sadar bahwa kita tinggal di satu tanah air sebagai satu bangsa. Di bulan yang penuh dengan rasa kebangkitan nasional ini ada baiknya jika kita ngeliat lagi negara Indonesia dan berpikir, “Bagaimana caranya kita bisa membuat bangsa ini lebih baik?”