Story

Badr Interactive, Terus Konsisten Menggabungkan Teknologi dan Nilai-Nilai Islami

“…for every value we deliver to the people, a great number of good things will come to us in return. So, nothing holds us back to give our best.” – Badr Interactive

Sejak awal berdiri, perusahaan pengembang software yang didirikan Andreas Senjaya alias Jay, Badr Interactive, punya positioning yang kuat dan konsisten. Sejak didirikan pada 2011, the company stays true to its initial mission, yaitu menciptakan produk yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat muslim saat ini. Menyambut Ramadhan tahun ini, gak tanggung-tanggung, Badr Interactive meluncurkan empat produk terbaru–tiga di antaranya aplikasi mobile, dan satu adalah situs web.

Salah satu aplikasi yang diluncurkan, bernama Masjeed, pada dasarnya adalah sebuah social media. Seperti namanya, Masjeed adalah jejaring sosial untuk komunitas-komunitas masjid. Menurut Jay, ide besar dari Masjeed adalah untuk menghidupkan komunitas-komunitas yang berpusat dan bertumbuh dari masjid.

Sama dengan jejaring sosial pada umumnya, pengguna bisa melakukan posting status dan foto aktivitas, serta memasukkan lokasi masjid tempat aktivitas tersebut terjadi. Istilahnya, kayak nge-Path berjamaah! Bedanya, yang kita follow di sini adalah masjid-masjidnya bukan orang-orangnya.

Dua aplikasi lainnya adalah Dua in Quran dan Learn Quran. Jay punya alasan tersendiri di balik peluncuran dua aplikasi ini, yaitu karena bulan Ramadhan adalah bulan turunnya Al-Quran. Dua in Quran berisi kumpulan doa-doa yang disatukan ke dalam sebuah aplikasi, sementara Learn Quran adalah aplikasi untuk belajar Al-Quran. Portofolio produk Badr Interactive semakin lengkap dengan dua aplikasi baru ini, setelah dulu pernah meluncurkan Complete Quran, dan lain-lain.

We save the best for the last. Produk terakhir yang diluncurkan Badr Interactive adalah Quran Prize. Quran Prize memang bukan aplikasi, tapi merupakan sebuah situs web yang isinya adalah “ujian” untuk para penghapal Quran. Istilahnya, kata Jay, ini semacam tes TOEFL-nya para penghapal Quran. Skor akhirnya pun ada, namanya Quran Prize Score, alias QPS.

Konsistensi dan effort Badr Interactive dalam meramaikan ekosistem digital dengan konten-konten Islami benar-benar harus diapresiasi. Apalagi, ada sebuah pernyataan di situs web Badr Interactive yang kita semua harus setujui: One thing we learned from our own story: for every value we deliver to the people, a great number of good things will come to us in return. So, nothing holds us back to give our best.

Baca juga: Andreas Senjaya: Bermanfaat Melalui Teknologi

Header image credit: badr.co.id