Insight

Para Avengers yang Kamu Butuhkan untuk Startup-mu

Siapa yang gak tau sama tim superhero paling populer dekade ini? Ya, betul. Avengers. Film Avengers: Endgame besutannya Marvel ini, lagi banyak diomongin karena perdana tayang di mana-mana.

Para Avengers, mereka si jagoan dengan karakter yang beda-beda, bekerja sama buat menghentikan penjahat-penjahat yang mau menguasai dunia atau malah menghancurkannya. Walaupun gak ada yang bayar, perasaan senang karena udah nyelamatin umat manusia itu udah cukup buat mereka.

Hmm… kayaknya ada yang mirip, nih. Mereka ternyata ada di antara kita!. Mereka-mereka yang gak kita sadari sering kita butuhin.  Ini dia lima tipe superhero Avengers yang kita butuhin dan wajib ada kalau kita membangun startup!

Captain America

Captain America | Pxhere

Dia memang bukan yang paling berbakat atau yang paling kaya, tapi dia jago di dalam satu hal. Yaitu memimpin. Terlahir buat jadi seorang pemimpin, dia sering membimbing timnya untuk menghadapi setiap tantangan. Bisa mengatur kerja tim, membagi tugas sesuai kemampuan, dan selalu memikirkan gambaran yang lebih besar.

Siapa sang Kapten di startup-mu?

Coba perhatiin CEO-mu atau rekan kerjamu bisa aja punya semua kualitas tadi. Si kapten ini punya kemampuan mengidentifikasi masalah (problem solving) yang bisa dibilang ajaib. Dia gak perlu jago desain atau coding website, tapi dia pasti selalu tau cara menyelesaikan sebuah masalah dengan orang dan cara yang tepat.

Iron Man

Tony Stark a.k.a Iron Man | Pxhere

Tony Stark, mungkin adalah Avengers yang paling kaya… kedua di bawah Black Panther. T’challa emang bisa kaya karena dia seorang raja, tapi Tony Stark bisa kaya karena otak engineer nya yang hebat. Membuat baju zirah canggih dari sekedar spare part senjata bukanlah hal yang mudah.

Jadi kenapa kita butuh orang yang kayak Tony Stark?

Dalam tahap awal sebuah startup, dibutuhkan produk yang berkualitas jempol agar perusahaan kita jadi lebih menonjol. Para engineer ini bisa membantu kita buat membangun tools, website atau aplikasi yang kuat tanpa cela. Mereka gak perlu jago akuntansi atau memimpin tim, tapi mereka pasti bisa mengetes dan membangun produk kita sampai tuntas. Karakter ini juga yang bisa bantuin sebuah startup bikin produk yang cocok sama penggunanya, karena percuma punya produk yang keren tapi orang-orang gak butuh-butuh amat sama sesuatu yang kita bikin.

Black Widow

Black Widow | Celestial_Troupe2012 on Flickr

Tidak ada tim yang bisa komplit tanpa adanya sosok seorang wanita yang kuat. Natasha Romanov alias Black Widow memberikan keseimbangan terhadap timnya dan menjadi penyemangat dalam keadaan getir. Dia adalah orang kepercayaan si kapten. Walaupun dia gak sekuat Hulk atau sepintar Tony, dia adalah agen spionase paling mematikan.

Walaupun katanya startup dilihat sebagai wilayah yang dikuasai para makhluk Adam, kita sangat perlu kehadiran seorang wanita . Mereka bisa menyediakan sudut pandang yang berbeda dan biasanya lebih kreatif dari para pria. Jadi, wanita juga udah ga perlu ragu, bahwa sejatinya mau gender apapun siapa aja bisa berdaya!

Baca juga: Ketidaksetaraan Gender Di Tempat Kerja Dan Jurus Ampuh Menangkisnya

Thor

Thor | Pxhere

Ini dia anggota yang tahu gimana caranya bikin dramatic entrance. Bisa menyulap semua orang akan ketampanannya, punya palu… kapak yang keren, dan punya selera fashion yang bikin dia menonjol. Jika dirangkum, dia punya kepribadian yang jelas dibutuhkan sama kepala marketing kita.

Marketing harus bisa mendorong naik startup kita dengan ide bisnis dan produk yang segar. Dia harus sering bepergian ke segala tempat, berpengetahuan luas, dan punya suara yang tegas dan berwibawa. Semuanya sama kayak si Dewa Petir. Fashion sense yang unik itu gak perlu, tapi pastinya sebuah nilai tambah.

Hulk

Hulk | Pxhere

Tentu aja si monster hijau ini gak boleh ketinggalan. Tugasnya cuma satu. Menghancurkan. Alter ego-nya, Dr. Bruce Banner, seorang fisikawan hebat yang bahkan fotonya sampai dipajang di kelas sains Peter Parker (si manusia laba-laba). Jadi siapa nih kombo orang pintar super kuat yang kita butuhkan di startup kita?

Drumroll… jawabannya. Magangan/Intern

Betul sekali, pikiran muda yang segar ini penuh potensi yang belum dimanfaatkan. Tergantung si kapten, dan semua tim, untuk mengasuh dan mendidik otak-otak muda ini dan membantu mengeluarkan potensi penuh mereka. Magangan harus memiliki motivasi tinggi untuk menghadapi tantangan-tantangan di dunia startup. Namun bisa berubah menjadi bantuan penuh energi saat dibutuhkan.

Itu dia lima karakter Avengers yang kita butuhkan untuk startup kita menurut The Words Edge. Maaf buat yang gak sempet disebut, Spiderman, Dr. Strange, dan Hawkeye, tapi kita gak mau startup kita jadi terlalu rame.

Kira-kira, udah nemuin belom, orang-orang dengan karakter Avengers di startup-mu?