Insight

#ziliun21: Women Who Shape Indonesia Today

Dalam rangka Hari Kartini tanggal 21 April ini, Ziliun mengeluarkan #ziliun21, yaitu 21 orang perempuan Indonesia pilihan Ziliun yang kita anggap sebagai figur influential di Indonesia tahun ini.

21 orang perempuan ini berasal dari berbagai bidang mulai dari pemerintahan, bisnis, entertainment, pendidikan, olahraga, media, hingga sosial.

Here we present, 21 women who shape Indonesia today…

 

1. Anggun C Sasmi

Wajahnya sering kita lihat di layar kaca tahun ini sebagai juri Asia’s Got Talent bersama Vanness Wu, David Foster, dan Melanie C. Selain merupakan salah satu penyanyi Indonesia dan Asia paling berprestasi di kancah internasional–yang sering disebut sebagai the Indonesian Diva–Anggun juga merupakan UN Goodwill Ambassador untuk FAO.

2. Chelsea Islan

Chelsea Islan adalah rising star di industri film Indonesia. Tahun ini, Chelsea mengambil peran-peran yang berani, seperti peran aktivis 1998 di debut penyutradaraan Lukman Sardi “Di Balik 98”, serta bersanding dengan aktor-aktris senior di “Guru Besar, Tjokroaminoto”.

3. Dian Sastrowardoyo

Setelah comeback lewat viral video AADC di Line Messenger, Dian Sastro kembali muncul di layar lebar lewat film komedi 7/24 dan terus menginspirasi lebih dari 1 juta follower media sosialnya dengan formula brain-beauty-behaviour.

4. Dian Siswarini

Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, adalah perempuan pertama yang mengepalai perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Posisi ini diraihnya setelah kurang lebih 20 tahun berkiprah di industri telekomunikasi.

5. Dea Valencia

Dea is not just any businesswoman. Saat mendirikan Batik Kultur pada tahun 2011, Dea sendiri yang menjadi creative designer, model, sekaligus direktur untuk bisnisnya. Hebatnya, Dea mempekerjakan karyawan dengan disabilitas sebagai bentuk giving back to the society.

Baca juga: #ziliun17: Travel Blogger Indonesia

6. Dwikorita Karnawati

Sejak berdiri tahun 1949, Universitas Gadjah Mada belum pernah dipimpin oleh rektor perempuan. Akhir tahun lalu, Dwikorita Karnawati akhirnya menjadi rektor perempuan pertama salah satu universitas terbaik di Indonesia ini. Pemegang gelar PhD dari Leeds University ini juga merupakan salah satu moderator pada Debat Capres-Cawapres lalu.

7. Hanifa Ambadar

Hanifa Ambadar mulai dari nge-blog, hingga membangun dan mengelola jaringan media digital FemaleDaily. Dari dibangun hampir tanpa modal pada tahun 2005, Hanifa berhasil membawa FemaleDaily menjadi komunitas perempuan online terbesar di Indonesia.

8. Khofifah Indar Parawansa

Menteri Sosial kabinet Jokowi ini adalah salah satu menteri dengan kinerja terbaik dalam 100 hari pertama Jokowi. Sebelum menjadi Mensos, Khofifah aktif dalam berbagai gerakan, salah satunya menyelenggarakan Training of Trainer bagi tokoh lintas agama dalam membangun perspektif multi kultur dan harmoni kehidupan antar umat beragama di berbagai propinsi.

9. Liliyana Natsir

Dua tahun lalu, Liliyana Natsir mencatatkan nama di sejarah sebagai pemain bulutangkis perempuan pertama yang memenangkan tiga Kejuaraan Dunia BWF dalam kategori ganda campuran. Hingga saat ini Liliyana Natsir terdaftar sebagai salah satu pemain ganda campuran terbaik di dunia, dan sering disebut sebagai Ratu Ganda Campuran.

10. Marischka Prudence

Previously a TV reporter, Marischka Prudence memilih untuk mengukir jalannya sendiri sebagai salah satu travel blogger paling berpengaruh di Indonesia. Dalam kesehariannya, Marischka juga menjadi managing director di Getaway! magazine.

11. Mira Lesmana

Lewat tangan dingin Mira Lesmana sebagai produser, lahir banyak masterpiece di dunia perfilman Indonesia, seperti karya ambisius Pendekar Tongkat Emas yang baru saja kita saksikan akhir tahun lalu.

12. Nadine Zamira

Mantan Miss Earth ini menjunjung tinggi gelarnya dengan konsisten memberikan kontribusi untuk lingkungan. Melalui gerakan Hidden Park yang diinisiasinya, Nadine Zamira menghidupkan kembali taman-taman kota di Jakarta.

13. Najwa Shihab

Wajah Najwa Shibab selalu menghiasi layar kaca kita setiap Rabu malam di program Mata Najwa. Dengan pertanyaan-pertanyaannya yang tajam dan cerdas, Najwa, undoubtedly, adalah salah satu jurnalis televisi paling prominent di Indonesia.

14. Noni Purnomo

Di bawah kepemimpinan Noni Purnomo sebagai CEO, Blue Bird Group Holding berhasil mendapatkan IPO senilai 230 juta dolar. Perempuan yang masuk daftar Asia’s Power Businesswomen ini juga mengepalai divisi filantropi Blue Bird Peduli, yang salah satu programnya adalah pemberdayaan para istri karyawan Blue Bird Group.

15. Putri Tanjung

Another young face on our list. Putri Tanjung baru berusia 18 tahun, tapi sudah menjadi salah satu ikon anak muda Indonesia lewat bisnis kreatifnya, Creativepreneur Event Creator. Putri dari Chairul Tanjung ini terus menyebarkan inspirasi lewat forum-forum anak muda dari Medan hingga ke Gorontalo.

Baca juga: #ziliun17: E-Commerce Fashion Terpopuler di Indonesia

16. Raisa Andriana

Pelantun lagu “Serba Salah” ini baru saja memenangkan penghargaan Artist of the Year in Indonesia dalam ajang 16th Mnet Asian Music Awards tahun lalu. Dengan lebih dari 2,7 juta follower di Instagram, not only the most beautiful, she’s also one of the most influential Indonesian singer today.

17. Retno Marsudi

Sebagai Menteri Luar Negeri perempuan pertama di Indonesia, Retno Marsudi akan menghadapi banyak tantangan terkait diplomasi, apalagi dengan kasus eksekusi pengedar narkoba baru-baru ini. Tapi, sejauh ini, beliau sudah menunjukkan kinerja, di antaranya somasi Robo-Vac di Malaysia, serta repatriasi terhadap WNI dan rencana moratorium untuk perlindungan TKI.

18. Sheila Timothy

Walaupun baru masuk ke dunia perfilman Indonesia pada tahun 2008, Sheila Timothy dengan berani mendirikan rumah produksi Lifelike Pictures yang hingga saat ini konsisten memproduksi award-winning movies, seperti film Tabula Rasa” yang mendominasi FFI 2014. Saat ini, Sheila juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI).

19. Susi Pudjiastuti

Ibu menteri yang satu ini tetap “kerja, kerja, kerja” di tengah kontroversi seputar dirinya. Dalam 100 hari pertamanya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi menangkap berbagai kapal yang melakukan illegal fishing, mengeluarkan peraturan baru yang melarang bongkar muat kapal di tengah laut, dan melarang penggunaan berbagai jenis pukat yang merusak kelestarian species ikan di laut Indonesia.

20. Tri Rismaharini

What else can we say about this woman? Ibu Risma masuk ke daftar Fortune World’s Greatest Leaders tahun ini dan terus memukau kita dengan inovasi-inovasinya memimpin Surabaya. Salah satu walikota terbaik di dunia ini berhasil mengubah Surabaya dari kota yang padat menjadi lebih hijau dengan lebih banyak taman dan ruang-ruang terbuka.

21. Yenny Wahid

Sebagai putri dari mantan presiden Indonesia, Yenny Wahid termasuk salah satu elite politik perempuan di Indonesia saat ini. Lewat The Wahid Institute, Yenny terus menghidupkan nilai-nilai pluralisme, toleransi, demokrasi, dan multukulturalisme yang diusung oleh ayahnya.

Baca juga: #ziliun17: Fashion Blogger Indonesia

Header image credit: her-consulting.com