Featured

#ziliun17: Fashion Blogger Indonesia

#Ziliun17 adalah 17 rangkaian infografik atau data dalam bentuk visual seputar teknologi dan Indonesia. #Ziliun17 dipersembahkan untuk menyambut HUT Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus.

Dunia fashion itu nggak melulu soal model jalan di atas catwalk, melenggang dengan baju rancangan desainer ternama. Ada juga profesi lain seperti fashion stylist, fashion critics, sampe fashion journalist yang melengkapi industri yang menghasilkan miliaran dolar ini.

Salah satu profesi lain di industri fashion yang lagi naik daun adalah Fashion Blogger, yaitu mereka yang ngeblog khusus ngebahas tema tentang fashion. Sejak internet makin berjaya, aktivitas blogging juga makin populer. Banyak orang jadi terkenal gara-gara blog. Atau coba tengok aja deh buku-buku best seller. Memang nggak semua, tapi beberapa diantaranya berawal dari tulisan di sebuah blog.

Nah, nggak sedikit para pecinta fashion ini kemudian memanfaatkan blog buat jadi media berekspresi, berkreasi, dan ngenalin gaya fashionnya masing-masing ke khalayak luas. Lewat blog pula, semua orang dari penjuru dunia bisa melihat ekspresi dan gaya mereka, dan bahkan sampai terinspirasi karena postingan mereka share di blognya masing-masing.

#ziliun17: Fashion Blogger Indonesia

1. Diana Rikasari | 2. Sonia Eryka | 3. Evita Nuh | 4. Anastasia Siantar | 5. Michelle Koesnadi | 6. Indah Nada Puspita | 7. Jessica & Elle Yamada | 8. Dian Pelangi | 9. Suci Utami | 10. Claradevi Handriatmadja | 11. Siti Juwariyah | 12. Lulu El Hasbu | 13. Puput Utami | 14. Dewi Utari  | 15. Cindy Karmoko | 16. Shea | 17. Fitri Aulia

Tengoklah, Diana Rika Sari yang ngeblog di “Hot Chocolate & Mint”. Ibu muda ini aktif ngeblog sejak 2007 dan disebut sebagai trendsetter fashion blogger Indonesia. Diana pernah mendapatkan penghargaan “International Young Creative Entrepreneur (IYCE) Awards British Council 2012” atas prestasinya bikin terobosan e-commerce untuk lini sepatunya, UP! yang manfaatin media digital dan internet.

Diana mulai ngeblog karena suka nulis dan fotografi, walau awalnya blog-nya enggak fokus bahas fashion aja. Mix and match fashion dan aksesoris di blog Diana terbilang unik dan nyentrik. Tapi justru ini yang disuka sama followernya. Buat mereka, Diana jadi semacam inspirator kalo sebenernya dunia fashion itu nggak ada patokannya, apapun bisa dikombinasikan walau warnanya ngejreng dan nabrak-nabrak.

Baca juga: Sparking Innovation Through Art in Facebook, Inc.

Lain lagi sama remaja 15 tahun, Evita Nuh. Dia sudah menjadi fashion blogger sejak usianya masih 9 tahun. Katanya sih, pakaian buat anak seusianya waktu itu kebanyakan terlalu kanak-kanak atau bahkan terlalu dewasa. Akhirnya Evita bereksperimen buat mix and match pakaian dan aksesorisnya, terus diposting di blognya, “The Creme de La Crop”.

Perpaduan warna dan gaya pakaiannya yang nggak terlalu kanak-kanak juga nggak terlalu dewasa itu malah terkesan fun dan kelihatan jadi refleksi kepribadian Evita. Evita sudah sering masuk majalah atau website luar negeri, dan kalau ada yang nyebut “Evita Nuh from Indonesia” itu bikin dia bangga banget. Evita juga masuk 10 blogger muda paling punya pengaruh versi Babble.

Baca juga: Layaria, Home of Indonesian Online Video Creator

Indah Nada Puspita, Fashion Blogger Indonesia asal Balikpapan yang kini menetap di Jerman. Pengagum Anna Dello Russo ini masuk di jejeran 5 fashion blogger Indonesia yang punya pengaruh di dunia. Dari blog Nada, banyak orang terinspirasi buat meniru gaya busana hijab yang khas dengan berbagai macam model scarf dan turban.

Nggak jarang Nada juga mix and match hijab sama berbagai macem aksesoris kayak anting panjang juga mahkota bunga. Kelihatan aneh? Enggak juga, malah yang beda gini yang disuka sama banyak orang. Penasaran sama blognya? Mampir aja ke “Fashion in Wonderland”.

Salah satu fashion blogger Indonesia yang juga designer ada Dian Pelangi (DP), melejit lewat  kain jumputan pelanginya. Saking bekennya, banyak orang yang bikin versi KW baju yang dia jual. Belum 5 tahun terjun di dunia fashion, udah segudang prestasi yang ia raih. Salah satunya jadi 1 diantara 12 designer dunia yang berkesempatan memamerkan hasil rancangan pada ajang Haute Arabia High tea 2014 di London. Ia pun membawa kain songket sebagai kain tradisional Indonesia untuk dikenalkan di gelaran tersebut. DP biasa posting gaya fashionnya di “Brain Beauty Belief”.

Baca juga: Design Sprint: Desain Produk dalam Lima Hari

Belakangan fashion blogger, terlebih di Indonesia, makin dihargai eksistensinya. Bahkan fashion blogger udah jadi sebuah profesi yang keren, terutama buat kalangan anak muda. Segudang prestasi pun diraih, mulai dari masuk di berbagai media (cetak dan online) nasional maupun internasional, pembicara diberbagai acara fashion dalam dan luar negeri, sampai didaulat untuk menjadi kontributor ajang fashion show kelas dunia kayak New York Fashion Week kayak Sonia Eryka, empunya A Diary of THE RIOTOUS BELLE”.

Kita pasti bangga dong kalau fashion blogger asal Indonesia begitu dihargai di luar sana. Selain membawa harum nama Indonesia, mereka juga jadi trendsetter yang berpengaruh buat perkembangan fashion, setidaknya di negeri sendiri. Padahal awalnya mereka bukan siapa-siapa, cuma cewek-cewek yang suka fashion, dan mau berbuat sesuatu sesuai kesukaan dan kebisaan mereka masing-masing. Satu kolaborasi unik antara passion, fashion, sama blog ini akhirnya juga mendatangkan berbagai peluang dan prestasi untuk mereka yang menggelutinya.

Baca juga: #Ziliun17: YouTuber Indonesia dengan Subscriber Terbanyak

Ngga cuma 17 cewek ini yang keren dan berprestasi, masih banyak fashion blogger Indonesia lain di luar sana. Kita tunggu talent berikutnya dari Indonesia, mana tahu ke depannya mereka jadi trendsetter di dunia!