Featured

Wearable Device Unik: Dari Bikini Sampai Tongkat Sihir

Any sufficiently advanced technology is indistinguishable from magic!” – Arthur C. Clarke

Who hasn’t heard of wearable device? Pasti semuanya pernah, apalagi dengan kepopuleran smart watch, smart wristband, hingga Google Glass. Faktanya, wearable device can do more than you think. Selain fungsi health dan fitness, berikut beberapa wearable device dengan fungsi-fungsi yang unik, terlepas dari apakah teknologi-teknologi bakal dipake secara masif di masa depan (kadang teknologi bisa lebay juga gak, sih?)

1. Bikini to remind you when it’s time to re-apply the sunscreen

Coba kita mulai dengan yang paling aneh dulu. Yang anak pantai, yang anak pantai. Jangan kaget kalau ada teknologi kayak gini. Wearable [waterproof] device yang bisa dipasang di bikini dan terkoneksi ke smartphone, bakal ngasih reminder kapan mesti memakai ulang sunscreen. Teknologi yang dikembangin sama Perancis–negara yang juga invent bikini–ini harganya sekitar 1 juta rupiah ke atas. Sosialita yang bakal beli kali ya.

2. Tongkat sihir beneran ada, yaitu jari lo

Mungkin gak tepat kalau benda ini disebut tongkat sihir. Lebih ke magic ring kali ya. Buka kayak cincin Lord of the Rings yang bisa bikin lo ngilang sih, tapi lo bisa mengontrol hampir semua alat elektronik dengan cincin ini. Tinggal muter-muter jari aja. Nonton TV kagak perlu remote. Ngidupin lampu bisa pake jari. Unlock pintu mobil tinggal tunjuk. Gestur jarinya pun bisa lo custom lewat smartphone untuk tiap perintah. Jadi inget zaman main game Harry Potter dulu.

Baca juga: 10 Teknologi Masa Depan yang Akan Mengubah Dunia

3. Wearable device for musicians

Anak-anak band pasti tahu tentang metronome, instrumen yang ngebantu musisi buat masalah tempo-tempoan. Ada suatu startup yang ngebikin wearable metronome yang bisa dipake kayak wrist band atau ankle band. Main alat musik jadi lebih mantep.

4. Sarung tangan untuk membantu komunikasi difabel

Ini nih yang keren. Ada beberapa perusahaan yang mengembangkan wearable device berupa sarung tangan yang bisa membantu para difabel–khususnya tuna netra dan tuna rungu–untuk berkomunikasi dengan lebih mudah. Memang udah ada bahasa pembantu kayak Braille dan sign language, tapi butuh waktu lama banget buat mempelajarinya, apalagi butuh biaya mahal untuk menyewa interpreter. Alat ini bisa dibilang semacam keypad atau keyboard-nya difabel yang nanti langsung bisa menerjemahkan pesan ke dalam teks biasa.

Teknologi canggih pasti bisa diturunin jadi macem-macem aplikasi. Tapi, gak semuanya bener-bener ngasih big impactChoose wisely! 🙂

Baca juga: Bionics Masa Depan: Saatnya Orang Difabel Bisa Lari dan Menari

Header image credit: nissanweb.com