Featured

Wajib Tahu: Ada Superhero Indonesia yang Namanya Saepul!

Komik-komik lokal Indonesia tuh ada banyak (walaupun kitanya aja yang gak banyak tahu), salah satunya adalah Garudaboi. Komik ini berisi kisah tokoh Saepul sebagai superhero tangguh yang beraksi melawan kejahatan. Saepul ini saat diperlukan akan berubah menjadi sosok lain yaitu Garudaboi untuk melakukan aksinya. Komik ini berjenis yonkoma, yaitu komik 4 panel yang bertema humor. 

Image credit: goodreads.com

Komik asal Bandung yang memiliki Facebook fan page dengan jumlah likes lebih dari 11.000 orang ini diciptakan oleh Galang Tirtakusuma. Sang kreator Garuda Boi ini merupakan lulusan dari Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Teknologi Bandung (FSRD ITB). Ia mengaku bahwa di sana ia belajar banyak mengenai komik yang memang sudah ditekuninya dari kecil.

“Di sana, saya mengenal lebih banyak lagi referensi tentang komik dengan genre dan gaya gambar yang semakin beragam. Ditemani perkembangan internet yang semakin pesat, wawasan dan kecintaan saya terhadap komik semakin bertambah.” ujar Galang kepada Ziliun.

Kecintaan Galang terhadap komik berawal sejak kecil yaitu saat sang ayah sering membelikan buku komik dari berbagai genre dan gaya gambar, misalnya seperti Kungfu Boy, Astro Boy, Tintin, Smurf, Tapak Sakti, Panji Koming, dan lain-lain. Galang pun semakin menggemari komik saat ia mengenal tempat penyewaan komik umum.

Kesukaannya terhadap komik dan pendidikannya di FSRD ITB menjadi bekal Galang untuk membuat komik. Apalagi Galang melihat peluang untuk masuk ke dalam pasar industri kreatif semakin besar dengan hadirnya internet.  Alhasil muncullah salah satu karyanya yang hadir di pasar industri kreatif Indonesia, yaitu Garudaboi.

Image credit: Facebook / Go! GarudaBoi

Meskipun demikian, Galang mengalami kendala menghasilkan karja lanjutan komik Garudaboi ini dalam waktu yang berdekatan dan teratur pada saat itu. Faktor kesehatan menjadi salah satu alasannya. Hal ini dikarenakan Galang terlalu fokus terhadap komik sehingga ia lalai menjaga kesehatannya. Akhirnya ia harus berhenti dalam aktifitas pembuatan komik pribadi selama satu tahun untuk memulihkan kondisi kesehatanya. 

Setelah pulih, Galang kembali dalam aktifitas membuat komik. Belajar dari pengalaman sebelumnya, Galang membuat komik lagi namun dengan batasan-batasan tertentu, agar kesehatannya tetap terus terjaga sehingga ia bisa terus berkarya. Dari situ, lahirlah Go! Garudaboi yang merupakan lanjutan dari karya Garudaboi yang hanya boleh dikerjakan 2 halaman dalam satu minggu. Hingga sekarang, Galang terus berkarya namun tetap menjaga kesehatannya, termasuk saat mempersiapkan serial komik lain berjudul LUNAR HELIOS yang terbit di majalah Re:ON mulai di bulan Agustus. 

Galang terus melakukan yang terbaik untuk karya-karyanya termasuk aktif memperkenalkan karyanya ke khalayak luas. Salah satu yang dilakukan Galang adalah dengan hadir menjadi ekshibitor di Popcon Asia 2015. Untuk ketemu dengan Galang dan melihat karya-karya yang dihasilkannya, yuk datang ke Popcon!

Header image credit: flickr.com