Opinion

Tipe Anak Muda Indonesia yang Nggak Bakal Berhasil

“If the plan doesn’t work, change the plan, but never the goal.” — Unknown

There is no elevator that helps you to be successful, you have to start from the stairs. Cuman kalo lo masih termasuk dalam tipe di bawah ini, nggak yakin deh kalo lo bakal bisa berhasil.

Ambisius, segala cara itu ‘halal’

Biasanya anak muda macem ini nggak punya integritas, belum lagi sombongnya amit-amit. Bahkan akan rela menghalalkan segala cara buat jadi pemenang. Nyogok? Nepotisme? Ah itu sih biasa. Semua bakal dilakuin asal bisa dapet yang diingin, bahkan kekuasaan. Memang, dalam sekejap lo akan bisa dapet yang lo mau, tapi tunggu aja kapan kehancuran dateng. Nggak bakal lama. Lihat aja para pejabat yang ‘bermasalah’, lo mau jadi kayak mereka?

Baca juga: Susah Fokus? Mungkin Lo Termasuk Tipe Scanner

Image: liputan6.com

Pinter, tapi kutu loncat!

Temen saya ‘pinter’-nya bukan main. Waktu kuliah, dapet nilai B itu jarang banget! Mayoritas A. Waktu lulus termasuk cumlaude. Sayangnya, waktu dia kuliah apa-apa semua dicoba. Ikut macem-macem organisasi, ikut macem-macem komunitas, sampe nggak ngerti sama apa yang dia mau. Pikirannya bercabang dan nggak bisa fokus ke satu hal. Semuanya pengen dicoba. Maruk? Bisa jadi.

Sekarang, kerjaanya cuman input data sambil masih ikut komunitas sana sini kalau senggang. Cumlaude-nya enggak kepakai. Bahkan dia nggak tau habis ini mau ngapain, bangun karir atau apa.

Baca juga: Jangan Terlalu Gampang Kagum

Omong doang, mau sukses tapi nggak mau usaha

Nah ini nih! Keknya paling banyak kaumnya, hehe! Generasi muda omong doang, mau sukses tapi nggak mau usaha. Katanya mau bikin startup, mau bermanfaat buat banyak orang, tapi sehari-hari kerjaanya main game sama nonton film bokep melulu.

Terus kapan dong startup-nya bisa berdiri? Entar kalau ada orang nanya, sampe dimana progress bikin startup-nya, baru deh kelabakan nyari alibi. Hidup bukan magic yang dengan ngucap sim sala bim apa pun yang kita mau jadi ada di depan mata.

Hopeless

Ini yang paling parah karena lo termasuk orang yang nggak tau mau ngapain, nggak punya harapan apa-apa. Istilahnya mau diselametin temen juga nggak bisa karena lo nggak punya purpose dan ambisi sama sekali. Gimana orang lain mau nolong lo, kalo lo nolong diri lo sendiri aja nggak mampu? Mati segan, hidup tak mampu. Keknya ungkapan ini cocok buat lo gitu deh!

Baca juga: Menjadi Lebih Bermakna

Unfinisher

Menurut saya, tipe-tipe kayak gini yang suka memulai sesuatu tapi nggak diselesein sampe tuntas. Faktornya macem-macem sih, bisa karena memang nggak bisa disiplin, males, atau bahkan karena nggak minat lagi sama yang lagi dikerjain. Kayak misal diawal-awal heboh ngajakin temen bikin project sosial, sampe tengah-tengah udah nggak pernah kedengeran lagi suaranya. Project yang ini belum tuntas, udah gembar-gembor aja ngajak temen bikin project baru. Nah, kan akhirnya kagak ada yang beres.

Baca juga: Sukses Itu Dimulai Dari Gagal

Nggak mau kolaborasi

Kalo lo merasa diri lo adalah yang paling hebat dan bisa ngelakuin semuanya sendirian, mending lo ke hutan aja deh sana. Seorang leader pun, mau nggak mau harus mau kolaborasi sama orang lain kalau mau berinovasi bikin perubahan. Semakin lo kolaborasi sama banyak pihak, insight yang lo dapet makin banyak. Tentunya sih, jangan sampe lost focus sama apa yang lo mau kejar.

You are the creator for your own future. Masih mau masuk di kategori anak muda yang nggak akan berhasil? Nyesel itu di belakang, bukan di depan cyin!

*kemudian ikutan ngaca* *pinjem cermin tetangga*

Image header credit: picjumbo.com