Insight

Kenapa Sih Pemimpin Perempuan Cuma Sedikit?

“If you ask men why they did a good job,they’ll say, “I’m awesome. Obviously. Why are you even asking?” If you ask women why they did a good job, what they’ll say is someone helped them, they got lucky, they worked really hard.” – Sheryl Sandberg

Udah jadi rahasia umum kalau representasi perempuan di posisi-posisi tertinggi di berbagai institusi itu kurang banget. Dan fenomena ini ada penyebabnya. Dalam TEDTalk berjudul “Why We Have Too Few Women Leaders” ini, Sheryl Sandberg, COO Facebook, menjelaskan penyebab kita punya sangat sedikit pemimpin perempuan, di antaranya adalah kegalauan perempuan untuk memilih antara professional success atau personal fulfillment, serta kecenderungan perempuan meremehkan kemampuannya sendiri (sementara laki-laki suka menilai kemampuannya lebih dari yang sebenarnya). Lalu, tentu aja persepsi masyarakat (termasuk perempuan sendiri) yang cenderung ga suka dengan perempuan-perempuan “sukses”. 

Terus, perempuan sebagai individu harus gimana? Tonton video di atas untuk tahu 3 tips dari Sheryl Sandberg, tentang bagaimana perempuan bisa masuk jajaran penting di bidang apapun (yang cowok nonton juga ya, biar ngerti struggle perempuan gimana).

Baca juga: Cuma Cewek yang Boleh Baca Artikel Ini

Header image credit: makers.com