Opinion

Kalau Cuma Browsing Doang, Mana Bisa Sukses Beneran!

“The big things are in the small things.”

Kalau kemaren lo baca artikel kita tentang Tipe Anak Muda Indonesia yang Gak Bakal Berhasil, mungkin inget sama tipikal anak muda yang omong doang mau sukses, tapi nggak mau usaha.

Biasanya tipe orang kayak gini terlalu fokus sama mimpi besarnya. Ya bagus sih, bermimpi besar, tapi gak terus terbuai mimpi juga.

Image credit: virginiamason.org

Terbuai gimana? Ya itu. Tiap saat ngomong mau jadi orang sukses atau orang kaya, jadi entrepreneur misalnya, tapi gak ada usaha sama sekali. Tiap hari browsing tips “how to be an entrepreneur” atau “cara cepat menjadi kaya”, tapi gak pernah ada action.

Mimpinya sih, besar. Tapi gara-gara terlalu fokus sama mimpinya, dia lupa kalau the big things are in the small things.

Maksudnya gimana, sih?

Hal besar itu adalah sekumpulan hal-hal kecil. Hasil yang lo harapkan di akhir itu dibangun dari hal-hal kecil yang lo lakukan menuju ke situ. Gak ada orang sukses yang bisa berhasil cuma dengan browsing tips tiap hari. Biasanya, berhasil dimulai dari kemauan ngerjain kerjaan-kerjaan printilan.

Sesimpel bikin action plan kecil-kecilan, apa yang lo bakal lakukan minggu ini untuk mencapai mimpi lo. Dari action plan itu, bikin to-do list yang rapi tiap pagi untuk jadi petunjuk kerjaan lo hari itu. 

Cara mencapai mimpi itu gak dengan nunggu kesempatan ngetuk pintu atau dengan go with the flow. Kalau ngelakuin hal-hal kecil kayak bikin to-do list rapi aja gak bisa, jangan harap mimpi besar lo bisa tercapai.

Header image credit: flickr.com