Opinion

GO-Jek, Bikin Naik Ojek Jadi Lebih “Kelas”

“I truly believe if you take care of your employees, they will take care of your business.” – Richard Branson

Ada berapa banyak startup yang berpikir untuk memberdayakan orang lain? Sedikit, bisa dibilang. Tapi, sekalinya ada, impact-nya kerasa banget ke banyak orang. 

Salah satunya adalah GO-Jek, aplikasi yang kerasa banget manfaatnya buat masyarakat ibukota. Ojek udah sejak dulu jadi alternatif moda transportasi yang bisa menembus kemacetan dalam waktu singkat. Ya, tapi, harus pinter-pinter nyari ojek, pinter tawar-menawar (temen gue pernah bilang, “Ojek itu kendaraan paling mahal di Jakarta”), belum lagi helm yang kotor, debu, polusi *sedih*.

GO-Jek datang sebagai solusi buat dunia per-ojek-an. Perusahaan yang didirikan Nadiem Makarim sejak 2010 bisa disebut sebagai Uber-nya para ojek. Saat ini, di Jakarta, makin sering kita lihat di jalanan, tukang-tukang ojek dengan jaket dan helm hijau khas GO-Jek.

Baca juga: Kata Para CEO Startup tentang Modal Berinovasi

Image credit: techinasia.com

Masyarakat kelas menengah yang punya smartphone dan tech-savvy tinggal memanggil Ojek melalui mobile app, dan menunggu tukang ojek pesanan datang. Enaknya, penumpang akan dikasih masker gratis dan dipinjemin helm. Gak perlu capek nawar juga, karena tarifnya udah standar tergantung jarak. Naik ojek pun jadi lebih “kelas”.

Gak cuma memudahkan mobilitas masyarakat, keberadaan GO-Jek juga mensejahterakan para tukang ojek. Istilahnya, yang dulu harus ngetem terus biar dapet penumpang, sekarang bisa sambil nyantai ngopi di rumah, nunggu panggilan aja lewat handphone.

Selain menyediakan layanan transportasi, GO-Jek juga bisa dipake untuk layanan kurir dan–yang paling kece–GO-Food! Kalo laper terus mau beli makan di tempat yang gak menyediakan layanan delivery, tukang ojeknya GO-Jek bisa bantu ngebeliin makanannya.

Kabar terakhir yang kita denger, GO-Jek sejak bulan lalu juga sudah aktif beroperasi di Bandung. Barudak Bandung yang mau denger ceritanya Nadiem memulai dan menjalankan GO-Jek, dateng ya ke The Backstage di SBM ITB, 29 Mei besok! Daftar di sini. 

Baca juga: The Backstage: Nadiem Makarim is Coming to ITB!

Header image credit: selasar.com