Featured

Buat Para Cosplayer: Sekali-kali Cosplay Karakter Lokal Juga, Dong!

Kebayang nggak kalo ke depannya, tokoh-tokoh karakter karya anak bangsa bakal juga muncul cosplay-nya? Iya dong, masak cuman karakter anime Jepang aja yang bisa jadi bahan buat cosplay! Huuuu.

Masuk di tahun 1990-an, anime Jepang mulai banyak masuk ke Indonesia. Inget sama Sailor Moon? Inuyasha? Saint Seiya? Nggak cuman komik atau filmnya yang booming, tapi karakter dari anime-anime itu juga merasuki masyarakat kita. Cosplay pun kemudian mulai dikenal pula di Indonesia.

Tahukah kamu, jauh sebelum ada cosplay, sekitar tahun 1960-an para penggemar fiksi di Amerika mengadakan pameran kostum yang dikenakan karakter-karakter fiksi seperti Star Trek. Budaya ini terus berlanjut sampe sekarang ada yang namanya Halloween. Di Jepang, tradisi ini muncul sekitar tahun 1978 ketika cosplay kali pertama digelar.

Cosplay bukan sekadar ajang mirip-miripan sama karakter-karakter anime lho! Cosplay ini juga jadi ajang promosi karakter-karakter anime. Nyadar nggak kalo di acara-acara launching komik, film animasi atau semacamnya kita sering ngelihat si karakter dalam wujud manusia lengkap dengan kostum dan dandanan yang mirip dengan karakter tersebut? Nah, pake kostum kayak begitu sekarang udah jadi hal umum buat para pecinta anime.

Baca juga: Anggia Kharisma dan Pentingnya Berkolaborasi dalam Industri Kreatif

Di Indonesia, para pelaku cosplay nggak cuman anak kecil saja. Itu, yang udah dewasa tua-tua juga nggak kalah unjuk kostum. Bahkan ada yang seriusin buat jadi seorang cosplayer, rajin ikutan event-event cosplay sampe ke luar negeri malah! Meh.

Kepikir nggak kenapa mereka suka sampe cosplay?

Tentunya selain karena karakternya yang memang menarik, padu-padan kostum dan aksesorisnya juga pasti aneh dan unik-unik. Apalagi belakangan, kostum dan aksesoris gini nggak harus bikin sendiri alias beli pun udah banyak yang jual!

Baca juga: 3 Cara Masuk Popcon Asia 2015 Gratis

Terus kebayang nggak kalo ke depannya, tokoh-tokoh karakter karya anak bangsa bakal juga muncul cosplay-nya? Iya dong, masak cuman karakter anime Jepang aja yang bisa jadi bahan buat cosplay! Huuuu. Jelas ke depan ini bakal tumbuh jadi segmen pasar baru juga, pun karakter-karakter kita juga bakal lebih dikenal seantero nusantara. Syukur-syukur bisa sampe luar negeri kayak ‘5 Menit Sebelum Tayang’-nya Ockto Baringbing dan Muhammad Fathanatul Haq.

Nah, ngomongin soal cosplay, ada yang seru di POPCON ASIA tahun ini nih. POPCON ASIA is calling all cosplayer! Prepare your best costume and make up, and get cash and goodies for 3 winners! Langsung aja deh download briefnya di sini ya. See ya, sampe ketemu di POPCON ASIA 2015 dengan kostum andalan kamu!

Header image credit: westchester-commons.net