Featured

Bersiap, Di Masa Depan Internet Akan Lenyap!

“The internet is so big, so powerful and pointless that for some people it is a complete substitute for life.” – Andrew Brown

Sering gak sih denger omongan orang tua yang bilang kalau “Sekarang kamu mah enak apa-apa tinggal cari di Internet, gak kaya kita di zaman dulu nyari apa-apa serba susah.”

Ya, internet emang mulai berfungsi optimal tahun 1993 karena pada saat itu baru bisa terkoneksi dengan jaringan komputer walaupun belum secepet sekarang.

Mungkin orang tua kita ngeliat internet itu sebagai masa depan. Ya gak sih? Di saat mereka sibuk menyebar kartu nama, kita di zaman sekarang tinggal cari aja di LinkedIn dia buat tahu kerjaan dia sekarang apa. Tapi kalau internet itu masa depan mereka, terus masa depan internet nanti apa buat kita yang hidup di zaman sekarang? Apa masih sama seperti sekarang?

Baca juga: Haven’t We Had Enough of Lifestyle Innovation?

Kalau kata Eric Schmidt, Chairman Google, yang udah ahli banget di bidang IT melontarkan pernyataan mencengangkan pada acara World Economic Forum bulan Januari lalu, ketika ditanya masa depan internet seperti apa.

“Internet akan lenyap di masa depan,” jawabnya simpel.

What??? Seriously? Terus kita gak bisa googling tugas lagi dong? 🙁

Eh, tapi Schmidt melanjutkan kalau masa internet memang lenyap dan berlanjut ke Internet of Things atau IoT. Maksudnya adalah nantinya internet akan tersemat ke seluruh benda yang disekitar kehidupan manusia. Jadi gak cuman di PC, handphone, atau tablet doang. Mobil bahkan sampai peralatan rumah tangga pun semuanya bisa berkoneksi melalui jaringan  yang membuat seakan-akan internet akan lenyap. Phew!

Baca juga: Apa yang Baru Dari Google Tahun Ini?

IoT ini muncul karena kebutuhan manusia akan internet yang berlimpah ruah dan akhirnya dimanfaatkan produsen perangkat teknologi buat ngebuat barang-barang yang terkoneksi internet. Contoh sederhananya, kulkas yang bisa ngasih tahu pemiliknya via SMS atau email tentang makanan dan minuman apa saja yang sudah habis dan harus di stock lagi.

 


Well, jadi gak sabar nunggu internet kita sampai lenyap! 🙂

Header image credit: eachandother.com