Featured

5 Startup ini Bakal Bikin Kita Lebih Sehat

It is health that is real wealth and not pieces of gold and silver. – Mahatma Gandhi

Kalau denger kampanye-kampanyenya politisi, kebanyakan pada ngejanjiin free education and healthcare for all. Ya doain aja deh biar beneran kejadian. Tapi, yang bener-bener bisa mentransformasi healthcare sebenarnya adalah teknologi, bukan policy. Ini lima startup yang bakal mentransformasi lanskap dunia kesehatan:

1. CrowdMed

Sekarang hampir semua hal bisa di-crowdsource, mulai dari pendanaan sampai tenaga kerja. CrowdMed sendiri adalah startup yang bikin kita bisa crowdsourcing diagnosa dokter. Biasa kan, pasien suka bingung tuh, ke dokter ini dibilang sakit ini, ke dokter lain beda lagi diagnosanya.

Dengan CrowdMed, pasien memasukkan informasi gejala-gejala yang dialami, medical record-nya, dan informasi lain, yang kemudian bakal didiskusiin oleh komunitas ahli kesehatan di CrowdMed ini. Intinya sih, let the doctors collaborate.

2. Pager

Pager ini bisa dibilang adalah Uber-nya dunia kesehatan. Kalau dengan Uber kita tinggal panggil taksi lewat app, dengan Pager kita bisa memanggil dokter yang akan sampai di rumah, kantor, atau kamar hotel dalam waktu 2 jam. Layanan ini baru ada di NYC sih. Tapi kalau bisa ada di tiap kota di Indonesia, gokil juga!

3. AdhereTech

Ngaku aja, siapa yang kalau sakit lupa mulu minum obat sesuai petunjuk dokter? AdhereTech ada buat menyelesaikan masalah ketidakdisiplinan kita. AdhereTech ini bentuknya adalah botol pil wireless yang bisa ngebaca pemakaian obat kita, dan ngasih peringatan kalau kita lupa minum obat, lewat telepon otomatis, atau SMS.

It’s like your Mom, only it’s a smart bottle.

4. Anaken

Udah baca artikel Ziliun tentang Bionics masa depan? Nah, Anaken ini punya purpose yang kurang lebih sama. Anaken adalah sebuah aplikasi smartphone 3D yang bisa digunakan semua orang untuk memindai visualisasi kaki yang telah diamputasi, supaya bisa menemukan ukuran prostetik yang pas. Perusahaan yang membuat Anaken, Project i/o, sebelumnya juga membuat aplikasi bernama Zori, yaitu aplikasi smartphone 3D untuk memindai visualisasi ukuran kaki, supaya penggunanya bsia lebih gampang membeli sepatu online. Way to go, 3D visualization!

5. RespondWell

This is our favorite on the list. RespondWell adalah sebuah gamification untuk pasien yang membutuhkan terapi fisik. Masalahnya, pasien sendiri suka gak disiplin dalam menjalankan terapi fisik yang udah disarankan oleh terapis. Dengan RespondWell, sebuah bentuk aktivasi yang memberikan challenge dan reward layaknya permainan, pasien jadi lebih semangat untuk melakukan rehabilitasi medis harian.

Banyak cara buat berkontribusi dan jadi bermanfaat. Siapa nih kira-kira yang mau bikin startup kayak gini juga di Indonesia?

Baca juga: Run Without Growing Pains

Header image credit: fastcompany.com