Opinion

Hacking Your Productivity

Kalau lo ngerasa kerjaan lo udah terlalu banyak dan overwhelming, ada dua kemungkinan. Pertama, lo memang ngambil terlalu banyak kerjaan. Kedua, mungkin lo cuma butuh productivity hack yang tepat.

Kali ini, Ziliun mengumpulkan beberapa tips productivity hacks terbaik yang terbukti bikin tugas atau kerjaan selesai lebih efektif dan efisien.

Manfaatkan Minggu malam

Pastinya lo semua cinta banget sama yang namanya weekend. Sedih banget deh kalau hari Minggu berakhir dan Senin sebentar lagi datang. Faktanya, kalau lo memanfaatkan Minggu malam untuk menyusun to-do list atau rencana seminggu ke depan, hari-hari lo selama seminggu akan lebih efektif dan efisien, karena lo memulai hari Senin dengan teratur.

Pakai project management tool seperti Trello

Percuma pakai smartphone dan laptop canggih kalau masih bikin to-do list konvensional. Sekarang banyak banget online tool yang bisa membantu lo mengatur jadwal lo mengerjakan berbagai proyek. Salah satu yang lagi nge-hits adalah Trello.com. Dengan Trello, lo bisa dengan mudahnya drag and drop “To-do” list dan meng-update nya jadi “Doing” atau “Done”. Kolaborasi dengan tim pun bisa dilakukan dengan assign card demi card yang jadi bagian masing-masing kalian. Semua hal ter-update dan terpantau dengan Trello.

Baca juga: Don’t Burn The Bridge!

Pick Up Your Productivity! (image credit: brandonsteiner.com)

Selesaikan semua urusan rutin dalam satu hari

Tiap orang pasti punya regular errand atau urusan rutin yang harus dilakukan setiap minggu atau bulan, misalnya naruh baju di laundry, bayar listrik atau kosan, atau belanja bulanan. Coba sediain satu hari khusus untuk menyelesaikan semua urutan rutin ini, biar mereka gak jadi distraction di hari-hari lain saat lo harus beresin pekerjaan lain.

Two-minute rule

Konsultan produktivitas dan penulis buku Getting Things Done, David Allen, punya tips yang namanya Two-Minute Rule. Intinya, kalo ada sesuatu yang harus lo kerjakan dan gak butuh lebih dari dua menit untuk menyelesaikannya, lo harus selesain saat itu juga.  We know we all love procrastination, tapi untuk hal-hal yang bisa selesai dengan sangat cepat, jangan ditunda-tunda deh.

Rapiin meja kerja!

Ini tips yang klise tapi selalu benar. Sekreatif apapun lo, bukan berarti lo bisa ada excuse untuk punya meja berantakan ala seniman. The way you do anything is the way you do everything. Meja yang berantakan berarti cara pikir lo juga berantakan. Mulai bikin meja kerja lo organized  dari sekarang.

Baca juga: Mana yang Lebih Penting, Proses atau Hasil?

Browsing-nya nanti aja coba

Sering saat kita lagi browsing buat kerja, kita gak sengaja nemuin website atau link yang menarik tapi gak ada hubungannya dengan hal yang lagi kita kerjain. Kabar baiknya, sekarang udah ada aplikasi do-it-later, salah satunya yang lumayan banyak dipakai adalah Pocket. Kalau lo pakai Pocket, lo bisa masukin link yang menarik tapi distracting itu ke aplikasi dan lo bisa baca semuanya nanti saat kerjaan lo udah selesai.

Kerjakan hal yang lo paling gak suka pertama kali

Kalau lagi ulangan atau ujian, biasa guru di kelas suka nyaranin untuk kerjain soal yang mudah dulu, baru kerjain yang susah. Ujian gak sama dengan meningkatkan produktivitas. Untuk jadi lebih produktif, lakukan kerjaan yang lo paling gak suka dan paling gak semangat ngerjainnya pertama kali, di pagi hari. Percaya deh, kalau kerjaan yang nyebelin selesai lebih awal, hari lo akan terasa lebih bersemangat.

Baca juga: Berhenti Mencari Ide Brilian

Header image credit: incomediary.com