Featured

Beberapa Aplikasi Anti-miskin yang Cocok Buat Milenials

Sebagai milenial kita sering dicemooh bahwa hidup kita enak tapi sebenarnya nggak punya uang. Untungnya di era digital ini,  kita dipaparkan terhadap terobosan-terobosan baru yang bisa menyelamatkan kita dari lubang kehidupan sengsara tak punya apa-apa bernama kemiskinan. Syaratnya, kita harus mau melakukannya dengan sungguh-sungguh!

Caranya, ya dengan menabung.

Di artikel ini, Ziliun akan bantu memperkenalkan teman-teman sama beberapa aplikasi yang bermanfaat banget untuk membantu mengatur keuangan dan berinvestasi. Coba kita cek!

Mengatur Keuangan dengan Simpel

  • Jouska

Jouska adalah firma konsultan keuangan yang independen. Berawal dari keprihatinan para pendirinya terhadap milenial yang bergaji fantastis tapi tabungan tipis, firma ini murni menjual jasa perencanaan dan pengaturan keuangan tanpa ada embel-embel jualan produk. Jasa ini akan sangat bermanfaat bagi milenial yang baru mulai mempelajari pengaturan dan perencanaan keuangan, karena Jouska menyediakan bimbingan, observasi, dan evaluasi terhadap aliran dana yang kita lakukan. 

Selain itu, Jouska akan membuat perencanaan keuangan yang customized sesuai kebutuhan dan kemampuan kita–bisa untuk individu atau korporasi. Seluruh anggota timnya juga perencana keuangan yang independen, lho.

Melalui aplikasi Jouska, rencana keuangan yang sudah kita konsultasikan bisa dijalankan. Cara kerjanya seperti money manager yang membantu nge-track aliran dana, pendapatan, dan kalau butuh bantuan, kita tinggal nge-chat planner yang bekerja sama dengan kita aja. Di Jouska kamu bisa milih, mau perencanaan komprehensif satu tahun, atau perencanaan parsial sesuai kebutuhan tertentu. Tentu harganya pun berbeda, tapi manfaatnya pasti banyak banget.

  • Jenius

Jenius ini adalah aplikasi perbankan yang pas banget dengan cara kita berinteraksi menggunakan gawai dan internet. User experience yang didesain khusus bagi milenial seperti kita yang terbiasa menggunakan username dan hidup dengan notifikasi ini membuat pemakaiannya terasa organik. Soalnya, kita ngga perlu tahu nomor rekening seseorang untuk kirim uang, cukup dengan mengetahui $Cashtag-nya aja. Selain itu, kita bisa nagih utang tanpa harus meneror lewat WhatsApp, cukup mengklik satu tombol, otomatis orang yang kita tagih mendapat notifikasi tersebut.

Plusnya lagi, kita ngga harus pergi ke bank untuk membuka rekeningnya. Semuanya pokoknya application-based, deh. Jenius ini juga cocok banget dipakai untuk menabung karena dia menyediakan berbagai macam fitur pendukung, seperti Dream Saver untuk menabung dengan tujuan tertentu (misalnya liburan ke Italia, beli rumah, nikah, dll.) dan juga pemisahan dana aktif dan dana tabungan.

  • Finansialku

Finansialku adalah platform perencanaan keuangan untuk individu dan keluarga. Secara prinsip, platform ini berfungsi seperti money manager yang bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran kita. Platform ini pun memiliki fitur untuk merencanakan keuangan kita tiap bulan yang bisa dibagi per pos, misalnya, transportasi, makanan, hiburan, dan lainnya.Finansialku juga menyediakan fitur pencatatan keuangan harian yang membantu kita membangun habit untuk mikir-mikir saat ingin hedon. 

Plusnya, aplikasi ini sama sekali nggak terhubung ke akun bank kita, sehingga aman banget. PR-nya adalah, kita harus rajin-rajin update secara manual pemasukan dan pengeluaran, sehingga kita bisa memonitor aliran dana dan mengingat transaksi harian kita dengan lebih mudah. Aplikasi Finansialku sangat direkomendasikan untuk melatih kita mengerem keinginan yang ngga penting, deh.

Menambah Pundi-Pundi Kekayaan dengan Investasi

  • Bareksa

Bareksa adalah toko online untuk belanja reksa dana pertama di Indonesia, yang telah terintegrasi. Selain untuk jual-beli, Bareksa juga memberikan layanan data, informasi, dan alat investasi reksa dana, saham, obligasi, dan lainnya, agar masyarakat Indonesia bisa berinvestasi dengan didasarkan oleh informasi. 

Jadi, ngga sembarang berinvestasi, kita bisa memilih mana yang paling sesuai kebutuhan kita, dan tahu juga keuntungan dan risiko saat berinvestasi di tempat tertentu. Kalau kamu tertarik untuk berinvestasi secara online di Bareksa, kamu ngga perlu khawatir karena mereka memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai vendor penjual reksa dana.

  • Pegadaian

Pegadaian adalah BUMN sektor keuangan di Indonesia yang menawarkan berbagai macam produk dan jasa, salah satunya adalah untuk menabung emas dengan fasilitas titipan. Dengan bentuk jual-beli, kita bisa mulai menabung emas dari berat terkecil 0,01 gram. Keuntungannya menabung emas adalah bunganya yang hampir tidak pernah turun setiap tahun, bahkan naik. Menabung emas pun mudah karena mendapatkannya gampang, dan jika kita butuh, dicairkannya pun sangat cepat. 

Di Pegadaian, emas milik kita dijaga dengan aman, sehingga kita tidak perlu cemas. Jika kamu tertarik, kamu bisa melakukan investasi ini melalui kantor cabang Pegadaian di mana saja, karena tersedia di seluruh Indonesia.

  • Tanifund

Tanifund adalah anak perusahaan TaniHub yang berfokus untuk menghubungkan petani dengan pelaku bisnis. Artinya, secara crowdfunding kita bisa membantu membiayai petani, meningkatkan perekonomian di desa, sambil investasi dan menghasilkan duit melalui bunga yang ditawarkan. Tanifund menawarkan keuntungan bagi kita untuk bermanfaat bagi para petani, sekaligus bermanfaat bagi masa depan kita sendiri. 

Melalui platform Tanifund, kita bisa memilih proyek pertanian yang diinginkan dari program budidaya favorit kita, dan memantau proyek tersebut melalui status yang dapat dilihat publik. Selain itu, kita akan menerima laporan keuangan yang rinci. Jadi, prosesnya berjalan transparan.

  • Modal Rakyat

Modal Rakyat adalah sebuah platform peer-to-peer lending untuk UMKM di Indonesia. Platform ini terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga keamanannya terjamin. Enaknya, kita bisa ikut berkontribusi terhadap terwujudnya sebuah bisnis UMKM dengan nilai minimal 25 ribu rupiah. See, dengan pendanaan minimal, aman, dan jumlah pengembalian menarik kita bisa lebih mudah membantu pelaku UMKM untuk mendanai bisnis mereka. Dengan platform seperti Modal Rakyat, para UMKM ini tidak harus terlibat utang dengan lintah darat, dan kita pun bisa menabung. Menarik, kan?

Nah, setelah mendapat informasi singkat di atas, semoga kamu menjadi lebih termotivasi untuk menabung, ya. Kalau disiplin, yakin deh kamu ngga akan pernah miskin–dengan catatan, kamu juga harus menghasilkan pemasukan untuk ditabung! Good luck!