Insight

Konser Rumahan, Obati Hati yang Kecewa

Jadi begini……..

Pas 88rising ngasih pengumuman resmi batal ke Indonesia, story Instagramnya mereka yang udah terlanjur beli tiket langsung rame, isinya hampir sama semua, mereka sedih, tapi mau gimana lagi, kalo tetep dilaksanakan, khawatirnya sih resiko penyebaran virus Corona jadi tinggi angkanya. Padahal yakin banget deh, mereka udah ngapalin lagu-lagunya Rich Brian, Niki, Joji, and the gank, ya apalagi kalo bukan biar bisa sing along pas di konser. It’s a hundred degrees, why you feelin’ down? What’s the problem? We just here to be free, it don’t feel like this often. Hahahaha siapa yang disini baca sambil nyanyi, you sing you loose.

Waktu itu jumlah pasien yang positif Corona baru dua orang. Antara panik gak panik, masih ada konser musik yang lain tetap keep going ngasih publikasi line up dan prosedur beli tiket kayak gimana. Situasi waktu di awal Maret emang gak se-intense kayak sekarang, karena secara angka pun, masih dua orang. Tapiiiiiii, lama kelamaan yang tadinya cuma dua yang terus nambah. LaLaLa Fest, konser ala-ala yang diadain di tengah hutan itu lhoo, juga ngasih konfirmasi kalo ada pembatalan. Jujur, mulai panik, kayak ngasih tanda it will be massive gak sih kasus penyebaran virus Corona ini. 

Sebagai orang yang suka dateng ke konser musik, saya pun dibuat lemes sih, soalnya di awal tahun 2020, saya udah punya list konser yang mau saya datengin, gak usah muluk-muluk deh ya, bukan konser yang gede banget, konser kampus lebih tepatnya, di tempat saya kuliah dulu. Tapi sudah bisa dipastikan, saya mesti “puasa” dateng ke konser selama beberapa bulan ke depan.

Kalo gitu, terus gimana dong?

Musik itu bahasa universal. Musik bisa bikin orang “ngomong” walau ngga ngeluarin suara. Bisa banget ngewakilin perasaan seseorang, mau itu seneng, sedih, kecewa, bahkan ambyar sekalipun. Jadi bisa dibilang, orang-orang tetep butuh musik, ga cuma dari versi audio atau music video yang bisa ditonton pake Youtube, tapi juga Live Performance. Aturan gak boleh bikin kerumunan pun nggak bikin para penyanyi atau band “mati kutu”. Udah ada Work From Home sama  Learning From Home, nah ada juga Music From Home, hahahaha ini bikinan saya aja sih, ga officially emang ada, gak apa-apalah ya, anggap aja saya bikin istilah baru, Music From Home alias MFH. 

Music From Home, apaan tuh?

Lewat media digital penyanyi atau band ngadain konser, yang bikin angkat topi adalah, mereka gak sekadar main musik, menghibur sobat-sobat di rumah yang hatinya mungkin lagi rapuh karena menahan rindu dengan doi akibat physical distancing,  tapi mereka juga ngajak orang-orang buat stay di rumah aja, biar angka penyebaran virus Corona bisa ditekan dengan maksimal. 

Siapa di sini fans dari band Endank Soekamti? Nah, mereka juga bikin konser digital buat launching album baru mereka. Hari Minggu, tanggal 22 Maret 2020, konser digital mereka dengan tajuk #launchingdirumah sukses dilaksanain! Bukan cuma himbauan doang lho, ada juga yang sekalian ngadain charity

Pada tau Pamungkas dong? atau biar edgy, manggilnya jadi Mas Pam, asik banget gak tuh! Bareng Asumsi, doi ngadain konser digital juga di platform Youtube Channel, konsepnya kayak streaming gitu. Trus sekalian ada charity buat Alat Perlindungan Diri (APD) tenaga medis yang ada di garda depan buat menangani pasien positif Corona. Huuu Mas Pam kesayangan banyak orang, mulia sekali yah!

Asumsi x Pamungkas | Sumber: Instagram.com/asumsico

MFH ini makin hari makin banyak yang ngelakuinnya, karena apa boleh buat, kalo gak gitu, gimana orang-orang bisa aware sama karya yang dihasilin sama penyanyi atau band? Iya gak? Yahh di luar dari konteks materi sih, kalo soal itu, bakal panjang lagi pembahasannya……

So………then what?

Ya buat kamu yang kangen, bukan kamu, tapi kita hehehe, sama live performance penyanyi atau band favorit, udah gak usah misah misuh lagi ya, at least kangennya bisa terobati sama konser digital alias Music From Home. Eh tapi awas jangan mentang-mentang vibes konsernya udah dapet, terus malah jadinya teriak-teriak di depan laptop, kena omel ibu kosan nanti, baru tau rasa. Hahahaha. 

Btw, lagi bahas soal musik, tebak-tebak buah manggis yuk, ini lirik lagu siapa? No Google, okay?

You have found her, now go and get her out (let it out and let it in)

Remember to let her into your heart

Then you can start to make it better

Ada yang tau? Hehehe!


Ditulis oleh: Ade Irma Sakina

Disunting oleh: Azwar Azhar