Insight

6 Tempat Belajar Masak Anti Gagal!

Ramadhan bukan hanya sekadar jadi momen untuk meningkatkan aspek spiritualitas di dalam diri kita, tapi juga momen untuk menjelajahi cita rasa berbagai jenis kuliner, baik yang khas Ramadhan, atau menu pilihan untuk sahur dan buka puasa. Mumpung lagi #dirumahaja, yuk bikin Ramadhan kalian lebih produktif dengan bereksperimen di dapur sambil mantengin resep andalan dari aplikasi dan situs berikut ini! 

  1. Yummy

 

Tampilan Depan Yummy | yummy.co.id
Tampilan Depan Yummy | yummy.co.id

Aplikasi Yummy ini membantu banget buat kamu yang bingung mau mengolah bahan makanan, bahkan gak punya ide sama sekali untuk bikin apa. Ada “fitur memasak” yang siap membantu kamu untuk menemukan resep dengan bahan makanan yang kamu punya. Terus, Yummy juga ngasih kamu rekomendasi resep sesuai dengan budget yang kamu punya! Buat anak kos, wajib banget punya aplikasi ini, apalagi pas tanggal tua, dijamin membantu banget! Wkwkwkw.

2. Cookpad

Biasanya ketemu pas jajan, sekarang bisa bikin Cilok Seblak sendiri di rumah | cookpad.com/id
Biasanya ketemu pas jajan, sekarang bisa bikin Cilok Seblak sendiri di rumah | cookpad.com/id

Wah kayaknya udah pada familiar ya ama aplikasi Cookpad. Nah, aplikasi ini banyak banget dipake karena tampilannya yang gampang dan resep masakannya juga up to date setiap hari. Dengan kurang lebih 108 ribu pengguna, aplikasi Cookpad menghadirkan berbagai resep dengan varian yang sangat beragam, jadi bisa aja nih, menunya pisang goreng, tapi kalian bisa nemuin resep pisang goreng dengan berbagai versi. Seru banget kan! Jadi bisa lebih beragam deh apa yang kalian masak.

3. Tastemade

Banyak resep baru tiap harinya yang bisa ditemui di Tastemade | id.tastemade.com
Banyak resep baru tiap harinya yang bisa ditemui di Tastemade | id.tastemade.com

Aplikasi kuliner satu ini memiliki format video tutorial dengan kualitas HD, tapi jangan khawatir, bahan dan intruksinya juga ditulis kok dibawah video. Secara user experience, aplikasi Tastemade sangat memanjakan penggunanya dari prosesnya yang detail. Selain itu, terdapat juga video khusus tentang wisata kuliner yang inspiratif.

4. Veggie Alternatives

Langsung aja ke aplikasinya, temui resep-resep yang cocok buat vegetarian
Langsung aja ke aplikasinya, temui resep-resep yang cocok buat vegetarian

Sesuai dengan namanya, aplikasi Veggie Alternatives cocok banget buat vegan/vegetarian yang ingin mencari alternatif bahan makanan. Jadi, kamu gak usah bingung lagi buat nyari pengganti daging maupun produk hewani lainnya, kayak keju atau es krim misalnya, karena di  informasi di aplikasi ini tersedia dengan lengkap/

Nah, asyiknya lagi, di aplikasi ini juga terdapat forum yang memyediakan resep dengan kandunan protein nabati di dalamnya, referensi situs pilihan buat vegan/vegtarian, dan juga tips dari sesama pengguna aplikasi di seluruh dunia.

5. ResepKoki

Bikin makanan asli Indonesia bisa lihat di Resep Koki | Resepkoki.id
Bikin makanan asli Indonesia bisa lihat di Resep Koki | Resepkoki.id

Situs ResepKoki khusus merekomendasikan resep masakan khas Nusantara yang telah disusun berdasarkan kategori, seperti kategori perayaan atau hari besar yang biasa diadakan di Indonesia, misalkan Idul Fitri atau Idul Adha. 

Gak cuma resep, di aplikasi ini juga tersedia lebih dari 2.000 artikel menarik seputar dapur, mulai dari tips dasar memasak, seperti merebus, menggoreng, menyemur, menumis dan mengukus, trus yang menariknya lagi, kamu bakal punya “sesi teori”, jadi ada fitur “pengetahuan dasar”  yang isinya tentang informasi bahan makanan dan peralatan dapur. Hayo, siapa di sini yang masih bingung ngebedain laos ama kunyit, jahe ama kencur, atau bahkan wajan dan panci? Kalo iya, berarti situs ini cocok banget buat kamu!

6. MyRecipes

Cobain belajar masak makanan dari macem-macem negara di Myrecipes | myrecipes.com
Cobain belajar masak makanan dari macem-macem negara di Myrecipes | myrecipes.com

Situs MyRecipes memiliki keunikan tersendiri dibandingkan situs masakan lainnya, karena kategori yang sangat detail. Pertama, kamu bisa milih menu masakan berdasarkan negara, mulai dari masakan khas Amerika sampai masakan khas Vietnam tersedia di situs ini. Kedua, menu masakan yang sehat plus dilengkapi dengan referensi kondisi kesehatan seseorang, misalkan menu masakan yang cocok untuk penderita diabetes. Ketiga, menu masakan khas hari besar atau perayaan tertentu.

Trus, yang terakhir adalah terdapat juga resep dengan kategori yang unik, contohnya “budget friendly“, “kid-friendly“, hingga “slow-cooker recipes“, wah yang terakhir kayaknya belum pernah denger deh.

Gimana? “mood” buat masaknya udah ada? atau malah makin semangat abis baca review aplikasi dan situs diatas? Bagus kalo gitu! Sekarang simpen informasi ini, dan jangan lupa kasih tau ke temen-temen yang lain juga ya, karena sharing is caring

Selamat memasak!


Ditulis oleh: Ade Irma Sakina

Disunting oleh: Azwar Azhar