Insight

3 Hal yang Bikin Kita Termotivasi: Play, Purpose, Potential

Beberapa waktu lalu saya menemukan artikel yang sangat bagus, judulnya adalah “The Reasons We Work”. Di artikel itu, dijelaskan tentang jenis-jenis motivasi, baik positif atau negatif, yang bisa bikin seseorang punya drive sangat besar untuk melakukan sesuatu.

Saya sih sejujurnya males ngebahas apa aja motivasi negatifnya. Tahulah ya, ada yang termotivasi mengerjakan sesuatu cuma karena uang, takut dihukum, karena gengsi, atau bahkan ada yang mengerjakan sesuatu karena kebiasaan–memang sudah seperti itu. Itu contoh-contoh faktor pendorong yang sama sekali gak bagus.

Nah, mending kita bahas aja, tiga motivasi positif yang bisa bikin orang perform gila-gilaan:

Play

Play di sini maksudnya bukan berarti, kalau di tempat kerja, mesti ada XBox, atau meja pingpong. Play di sini maksudnya, kalau suatu pekerjaan itu sendiri sudah menyenangkan bagi pelakunya, maka motivasi intrinsik otomatis akan ada. Misalnya, melukis bagi pelukis itu udah play tersendiri. Jadi kalaupun gak ada motivasi eksternal, seorang pelukis sudah otomatis akan termotivasi melakukan pekerjaan yang buat dia seperti “bermain”.

Baca juga: Baca Manifesto Ini Setiap Kali Lo Kehilangan Motivasi

Purpose

Kalau suatu pekerjaan sudah menyenangkan, pelakunya akan lebih termotivasi lagi kalau output dari pekerjaan tersebut punya purpose, yaitu sesuai dengan idealisme atau nilai-nilai pelakunya. Misalnya, dengan kerja di suatu social enterprises, seseorang berpikir bahwa dia akan bisa membantu mengentaskan kemisikinan, suatu cause yang memang mengetuk hatinya. Di sini, pelaku akan memperoleh motivasi. Tapi, perlu diinget, kalau motivasi purpose tidak lebih besar dari motivasi play.

Potential

Motivasi positif terakhir adalah potential, yaitu lapisan kedua dari output atau keuntungan yang diperoleh pelaku. Misalnya, pernah gak kalian olahraga rutin, gak hanya untuk jadi sehat, tapi juga untuk punya bentuk badan yang lebih impressive? Ini yang dimaksud potential. Purpose-nya sendiri adalah menjadi sehat, sesuai dengan nilai pelaku kalau dia peduli dengan kesehatan. Tapi selain itu, ada benefit tambahan yang semakin menambah motivasi. Tapi, lagi-lagi, motivasi potential gak lebih besar dari play dan purpose.

Ketiga motivasi di atas, kalau digabungin, wah, efeknya dahsyat untuk bikin orang lari kenceng dalam mencapai sesuatu. Kalau udah tahu gini, ya kalian yang bikin startup, harus mikir gimana bikin pekerjaan jadi mencakup play, purpose, dan potential. Good luck!

Baca juga: 4 Hal yang Memotivasi Manusia Lebih Daripada Uang

Header image credit: huffpost.com