Featured

Startup Sprint: From Surabaya for a Better Indonesia

“Dikit-dikit di Jakarta. Apa-apa di Jakarta. Semuanya ada di Jakarta.”

Sebagai ibukota Indonesia, tentunya apa yang terjadi di Jakarta selalu menjadi sorotan dan hampir semua event besar pun diselenggarakan di sana. Jadinya, banyak yang memiliki pemikiran bahwa kalau ingin mencari pekerjaan dan ingin bisnis berkembang, ya pergi ke Jakarta aja. Padahal, masih banyak kota di Indonesia yang bisa bikin kita berkembang, salah satunya Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Dilihat dari sejarah, Surabaya sudah menjadi pusat perdagangan terbesar dan tempat perekonomian tumbuh dengan cepat. Banyak pedagang dari berbagai negara melabuhkan kapalnya di Surabaya untuk berdagang. Tidak heran, pertumbuhan kota Surabaya termasuk yang tercepat, entah itu dari bidang infrastruktur, sampai teknologi dan industri kreatif. Teknologi misalnya, siapa yang tidak kenal dengan mobil listrik dari Institut Teknologi Surabaya (ITS). Melihat potensi yang dimiliki arek Suroboyo, dengan tindakan yang tepat, Surabaya bisa saja menjadi kota teknologinya Indonesia.

Melihat potensi Surabaya yang cukup banyak, ini menjadi sebuah peluang bagi anak muda Surabaya menciptakan bisnis atau startup di Surabaya. Jadi, tidak perlu membuang-buang waktu dan tenaga memindahkan startup ke Jakarta untuk mengembangkannya. Oleh karena itu, Start Surabaya dan grup EMTEK bekerja sama untuk membentuk suatu kompetisi startup terbesar di Surabaya, yaitu Startup Sprint.

Baca juga: Baca Ziliun Surabaya: Mengapa Harus Berkomunitas?

Kompetisi startup di Indonesia masih terbilang jarang, dan lagi kebanyakan diadakan di Jakarta, atau Bandung, biasanya. Melalui Startup Sprint, Surabaya benar-benar serius membantu startup di Surabaya serta membangun ekosistemnya. Selain kompetisi ini diadakan di Surabaya dan hanya boleh diikuti oleh startup yang berbasis di Surabaya, hal yang membedakan Startup Sprint dengan kompetisi startup lain adalah bahwa startup yang boleh mengikuti kompetisi ini adalah startup yang belum menerima funding atau pendanaan.

Tak hanya itu, startup yang berbasis teknologi dan berdampak sosial akan diutamakan dalam kompetisi startup terbesar di Surabaya ini. Ini menjadi bukti bahwa Surabaya sangat serius menggali potensi kotanya di bidang teknologi dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui startup.

From Surabaya for a better Indonesia, begitulah tagline dari Startup Sprint, dengan harapan bahwa membuat Indonesia lebih baik bisa dilakukan dari mana saja, salah satunya dari Surabaya.

Header image credit: fastcompany.net