Insight

YouTuber Indonesia, You Can Do More!

“YouTube is becoming much more than an entertainment destination.” – Chad Hurley

Di bioskop sekarang lagi heboh film YouTubers The Movie yang menampilkan beberapa YouTubers paling hits kayak Kemal Palevi sama Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez. Kehadiran para YouTubers ini bisa dibilang udah mewarnai keseharian kita beberapa tahun terakhir (ceilaah mewarnai…). Ya basically yang dulu tontonan kita terbatas–kalau gak TV lokal penuh darah dan air mata, ya TV kabel dengan segala pilihan series keren yang bikin kita semakin memaki-maki TV Indonesia–sekarang gara-gara ada para YouTuber, jadi ada alternatif yang menyenangkan.

YouTuber Indonesia, you can do more, ini yang pengen gue sampaikan kepada para YouTuber. Lo pada kan punya banyak penggemar dan penonton tuh. Nah, with great power comes greater responsibility. Sekali-kali coba deh kayak Eno Bening yang bikin video untuk raise awareness tentang isu-isu penting di masyarakat.

Sebagai gambaran, coba nonton video TEDTalks dari Salman Khan (Khan Academy) ini tentang gimana video itu bisa reinventing education.

Skill lo dalam membuat video yang ciamik dan keren itu bisa dipakai untuk the greater good. Ya misalnya, as simple as bikin stop motion kayak yang biasa dibikin sama Aulion untuk ngejelasin tentang masalah yang ada di sekitar kita dengan lebih sederhana dan menarik. Kayak yang kemaren Ziliun tulis, media alternatif bisa jadi pilar untuk pemerintahan dan negara ini.

So, Youtuber Indonesia, coba sekali-kali rehat deh bikin video cara-cara melupakan mantan, dan coba tanya ke diri lo, video apa yang bisa lo bikin untuk kemaslahatan masyarakat. You can do more!

Baca juga: Masa Depan Video Online di Tangan ABG!

Header image credit: youtube.com/merekmu.com