Featured

Ikut Workshop Ini Supaya Video Buatan Lo Gak Asal Dibajak Orang!

Ga kayak haters gitu yang cuma bisa berkoar kalau karyanya dipake orang, Ziliun punya solusinya nih. Kamu – kamu yang sebenernya dalam hati gundah gulana mau bikin video sendiri tapi pertimbangan banyak banget kaya orang mau planning nikahan, worry no more, go to Workshop Digital Copyright by Google nanti yang akan diselenggarakan di acara POPCON ASIA 2015 tanggal 7-9 Agustus di JCC mendatang.

Ekosistem digital di Indonesia sekarang ini kan memang sedang berkembang dengan pesat. Sebagai salah satu kreator dan produser konten kreatif, kalian semua diundang nih ke Workshop Digital Copyright dari Google, di mana di acara ini kalian para kreator dan produser konten di Indonesia bisa mempelajari gimana caranya mengoptimalkan YouTube channel kalian, memproteksi konten yang kalian buat dengan jerih payah, dan juga berkesempatan bertemu dan diskusi dengan sesama YouTubers lainnya dan juga orang – orang penting dari Google/YouTube hingga para ahli dan label rekaman.

Baca juga: Please Welcome: Online Video, The Future of Content Marketing!

Tujuan dibuatnya workshop ini tentunya untuk mengobarkan semangat kreator lokal Indonesia untuk terus berkreasi. Youtubers yang akan datang nanti sudah ternama banget nih, jadi mereka bisa ngajarin kalian gimana caranya untuk bikin video yang bisa jadi sekeren mereka tapi tetep dengan gaya kamu.

Para stakeholders dari tim YouTube dan Google juga akan hadir dan mengajarkan kalian cara memproteksi video yang kalian buat dengan fitur Content ID dari YouTube. Cara kerja fitur ini adalah dengan scanning semua video yang diunggah di YouTube untuk dicocokkan dengan database yang berisi audio yang udah diklaim oleh para kreatornya. Melalui cara kerja inilah Content ID bisa mendeteksi siapa aja yang udah mengunggah karya kamu tanpa ijin. Tindak lanjut apa yang ingin dilakukan kreator asli terhadap karya mereka yang diunggah tanpa ijin ini bisa dengan:

  • Mute audionya
  • Memblokir video tersebut untuk di-streaming di YouTube
  • Menghasilkan uang dengan menaruh iklan di video itu.
  • Tracking statistik penonton dari video tersebut.

Baca juga: Dennis Adishwara, Rangkul Kreator Video Lokal untuk Berkarya

Nah, caranya kalian untuk bisa memanfaatkan fitur Content ID ini, bisa dateng aja langsung deh ke workshop-nya, kan lebih lega tuh curhat nanya – nanya langsung ke para ahli di sana dan siapa tau dapet berbagai pencerahan kan.

Tetapi, berhubung acara ini sangat terbatas dan cuma untuk para undangan aja, kamu yang mau ikutan harus daftar dulu nih di sini, dan kalau kamu mau bawa temen, pastiin dia juga daftar ya.

Pastinya mau kan industri kreatif Indonesia maju? Stop nyolong dan mulai berkreasi!

Header image credit: skitterphoto.com