Featured

5 Hal di Film yang Mungkin Terjadi di Masa Depan

1. Time is the new currency

Image credit: movieboozer.com

Bukan gak mungkin kalau mata uang di masa depan bukan lagi uang yang kita kenal sekarang. Seperti yang kita lihat di film In Time, waktu jadi mata uang baru yang diperjualbelikan. Tapi, mata uang ini secara dominan dikuasai privileged people. Well, apa bedanya sih sama sekarang?

2. Blurred lines between real and virtual world

Image credit: blastr.com

Sekarang aja, dunia nyata dan maya sering udah gak jelas batasnya. Di masa depan, mungkin batas ini bakal semakin kabur, kayak yang kita lihat di Inception (bingung antara dunia nyata dan mimpi) atau Total Recall (pemerintah menanamkan memori-memori palsu ke otak warganya). Serem gak, sih?

3. Sekelompok manusia diisolasi buat jadi obyek eksperimen

Image credit: flickering.com

Pernah nonton The Maze Runner atau Insurgent? Nah, persis kayak yang ada di film itu, bukan gak mungkin sekelompok manusia diisolasi buat jadi obyek eksperimen. The world is mean, bukan gak mungkin ada konspirasi yang–misalnya–menculik bayi-bayi yang baru lahir sebagai bahan eksperimen, untuk percobaan obat tertentu, atau pembuatan spesies manusia baru.

4. Larger gap between the rich and the poor

Image credit: wired.com

Ngomongin isu 1% vs 99% memang gak ada habis-habisnya. Di film Elysium, orang-orang kaya bahkan punya stasiun luar angkasa mewah sendiri tempat mereka tinggal. Di film 2014, hanya orang-orang kaya tertentu yang punya privilege untuk menyelamatkan diri dari apocalypse. Di film Snowpiercer, orang-orang miskin mesti menghadapi kondisi brutal di gerbong kereta yang dibedain dari gerbong kereta orang-orang kaya. Kalau kapitalisme makin merajalela, bahkan saat Bumi terancam di masa depan, justru gap-nya malah bisa makin lebar.

5. Kriminal bisa ditangkep bahkan sebelum mereka berbuat jahat

Image credit: blastr.com

Pernah nonton filmnya Tom Cruise, Minority Report? Di film itu, di masa depan digambarkan kalau polisi bisa menangkap pembunuh bahkan sebelum merek commit the crime. Dengan teknologi surveillance yang udah makin canggih sekarang, bukan gak mungkin kecanggihan kayak di minority report bisa kejadian. Tapi risikonya, ya, bisa jadi salah tangkep kali, ya (mana tahu niat orang kan berubah-ubah xD)

Baca juga: Privacy Has No Future?

Header image credit: io9.com